Macam-Macam Tema Dakwah Agama Islam

Dakwah adalah cara penyebaran agama Islam dengan cara menyeru dan mengajak banyak orang ke jalan kebaikan demi mempertebal iman dan takwa kepada Allah SWT. Setiap kegiatan dakwah harus berisi materi atau tema tertentu karena itu pendakwah (da’i) harus menguasai macam-macam tema dakwah agar orang yang mendengarnya tidak bosan.

Tema dakwah bisa meliputi apa saja, dan semua harus dikaitkan dengan agama agar tujuan awal berdakwah bisa tercapai. Berikut ini adalah beberapa contoh tema dakwah yang sering diangkat oleh para da’i.

1. Fiqih

Fiqih adalah ilmu yang khusus mempelajari atau membahas tentang segala peraturan dan hukum yang ada dalam agama Islam. Tema fiqih biasanya meliputi cara beribadah seperti shalat, puasa, berhaji, dll.

2. Tema Ramadhan

Seperti namanya, dakwah ini biasanya hanya dilakukan pada bulan-bulan puasa pada saat Ramadhan. Materi yang diangkat bisa beragam, misalnya tentang puasa serta budaya-budaya lokal saat Ramadhan tiba.

3. Tema sabar dan ikhlas

Sabar dan ikhlas mungkin menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh sebagian besar umat Islam karena itulah banyak orang yang kemudian berusaha mencari ilmunya lewat berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendengarkan dakwah. Untuk itu para da’i kemudian berusaha memberikan fasilitas dengan memberikan dakwah bertema sabar dan ikhlas.

4. Tema pernikahan

Tema pernikahan bisa menjadi tema yang paling menarik untuk dibahas. Materi atau hal-hal yang disampaikan seorang da’i ketika berdakwah tentang pernikahan biasanya mencakup hukum nikah, syarat nikah, bahkan tentang tips-tips menjalani rumah tangga agar pernikahan bisa tetap langgeng sampai akhir hayat.

5. Tema mendidik anak

Salah satu tema dakwah yang juga diminati oleh banyak orang adalah tentang mendidik anak. Dakwah dengan tema seperti ini bisa menjadi solusi tersendiri bagi para orangtua. Tentu saja tema mendidik anak ini pun tetap harus dikaitkan dengan agama, misalnya bagaimana mendidik anak secara Islami.

Itulah macam-macam tema dakwah yang biasa disampaikan oleh para da’i. Materi berdakwah memang menjadi hal yang sangat penting, namun aspek lainnya yang juga harus diperhatikan oleh seorang da’i adalah bagaimana cara berdakwah agar pesan-pesan agama yang ia sampaikan tak hanya bisa didengar oleh banyak orang, tapi juga diikuti dan diamalkan oleh mereka semua.

Selanjutnya : Faktor Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Athena Yunani
Sebelumnya: Prosedur Kerja dalam Organisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini