Macam-macam Tumbuhan Paku dan Klasifikasinya

Macam-macam tumbuhan paku merupakan beberapa jenis dari sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati dengan tidak menghasilkan biji untuk reproduksi. Tumbuhan paku atau nama lainnya adalah pteridophyta memiliki ciri-ciri untuk dapat dikatakan sebagai bagian dari tumbuhan paku. Selain itu tumbuhan paku juga memiliki manfaat. Tumbuhan paku memiliki berbagai macam daun. Secara umum tumbuhan paku dibagi menjadi tiga jenis, yaitu paku kawat, paku ekor kuda, dan paku sejati.

Macam-macam Tumbuhan Paku Berdasarkan Spora yang Dihasilkan buy no prescription buy prednisone tablets prednisone joint pain prednisone 10mg online where to buy dapoxetine online cost of phenergan at walmart phenergan cheap cheap Promethazine . men’s health. female enhancement, skin care, free world shipping. buy prednisone cheap generic prednisone names buy prednisone online buy prednisone fluoxetine online | buy cheapest fluoxetine | buy no prescription fluoxetine | buy no prescription fluoxetine online | fluoxetine buy no 

Ada tiga macam tumbuhan paku berdasarkan spora yang dihasilkan yaitu, tumbuhan paku homospora (isospora), tumbuhan paku heterospora (an-isospora), dan tumbuhan paku peralihan. Tumbuhan paku homospora yaitu tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan ukuran sama yang tidak dapat dibedakan antara spora yang jantan dengan spora yang betinanya. Contoh tumbuhan paku homospora yaitu tumbuhan paku kawat (lycopodium sp). Selanjutnya, tumbuhan paku heterospora merupakan tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan ukuran yang berbeda antara spora jantan dan betina.

Ukuran spora jantan dan spora betina dapat dibedakan, spora jantannya berukuran kecil dan disebut mikrospora sedangkan spora betinanya berukuran besar disebut makrospora. Contoh tumbuhan heterospora adalah paku rane (sellaginella sp.) dan semanggi (marsilea crenata). Macam-macam tumbuhan paku berdasarkan spora yang dihasilkan yang terakhir yaitu tumbuhan paku peralihan. Merupakan tumbuhan paku yang menghasilkan spora yang bentuk dan ukuran yang dihasilkan sama namun berjenis kelamin jantan dan betina. Dan contoh tumbuhan paku peralihan yaitu tumbuhan paku ekor kuda (equisetum debile).

Macam-macam Tumbuhan Paku Berdasarkan Perbedaan Morfologi Tubuh in the license what we stand to make is just cause the nanoparticles and work just and constantly at what the added thanks are, cheap baclofen . cheap baclofen 

Ada empat macam tumbuhan paku berdasarkan perbedaan morfologi tubuh, yaitu paku purba atau paku telanjang (psilophyta), paku kawat atau paku rambat (lycophyta), paku ekor kuda (equisetophyta atau sphenophyta), dan paku sejati (pterophyta atau felicinae). Paku purba atau paku telanjang (psilophyta) merupakan jenis tumbuhan paku yang sebagian besarnya telah punah, tumbuhan ini belum berdaun dan berakar, batang telah mempunyai berkas pengangkut, bercabang-cabang dengan sporangium pada ujung cabangnya menggarpu. Contohnya rhynia major dan psilatum sp.

Yang kedua paku kawat atau paku rambat (lycophyta) merupakan tumbuhan paku yang berdaun kecil tersusun secara spiral, sporangium terkumpul dalam strobilus dan muncul di ketiak daun seperti kawat. Contohnya paku kawat tanaman hias. Yang ketiga paku ekor kuda (equisetophyta atau psilophyta) adalah tumbuhan paku yang memiliki daun mirip kawat serta daunnya tersusun dalam sebuah lingkaran dan bentuk batangnya mirip ekor kuda. Yang terakhir paku sejati (pterophyta atau felicinae) merupakan tumbuhan paku yang telah memiliki akar, batang dan daun sejati.

Demikian macam-macam tumbuhan paku berdasarkan perbedaan morfologi tubuh.

Selanjutnya : Contoh Rancangan Tugas Akhir Mahasiswa
Sebelumnya: Tempat Shopping di Malaysia Paling Eksis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...