Macam-macam Ukiran dari Daerah Jepara


Macam-macam ukiran dari daerah Jepara memang banyak. Yang paling menonjol adalah ukiran dengan bentuk relief. Motif ukiran pun begitu beragam. Tidak hanya ukiran dengan ciri khas Jepara seperti adanya daun Trubusan atau motif jumbai, kini motif itu pun semakin berkembang. Malahan ukiran Jepara ini mengikuti tren seperti gaya minimalis.

Untuk gaya satu ini, ukiran Jepara dibuat lebih sederhana dan terdiri dari ukiran dengan bentuk tegas dan lurus. Kembang atau daun masih ada, tetapi tidak dibuat bertumpuk dan terlalu banyak. Inilah salah satu usaha mengikuti perkembangan zaman. Tentu saja para pengrajin Jepara tidak mau tenggelam oleh seni ukir untuk perabotan yang kini kian menguasai pasar.

Bahan Kayu Berkualitas

Kehalusan hasil ukiran dan bahan kayu yang berkualitas seperti jati, membuat harga perabotan ukir Jepara berada pada angka yang cukup fantastis. Misalnya, kursi tamu lengkap ukuran sedang, dipatok pada harga 6 jutaan. Jangan bayangkan kursi tamu ukuran besar. Harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

Harga ukiran Jepara ini memang agak murah kalau bahan yang digunakan berasal dari kayu sengon. Tetapi bentuk ukirannya kurang sempurna. Sangat berbeda ketika melihat ukiran Jepara di kayu jati. Namun demikian, bentuk desain yang khas itu masih bisa dilihat dengan jelas.

Hasil ukiran ini telah tersebar ke seluruh negeri bahkan ke luar negeri. Di satu kota saja bisa ada banyak penjual perabotan dengan ukiran Jepara. Peminatnya banyak sehingga banyak yang menyediakan tempat penjualan yang cukup luas.

Perabotan itu termasuk juga lemari, tempat tidur, meja kecil hingga meja makan lipat gaya minimalis. Meja ini  bisa dijadikan kursi taman. Model meja makan lipat ini memang merupakan salah satu terobosan dari para pengrajin ukir Jepara. Harganya 3,5 juta.

Lemari dengan ukiran Jepara pun cukup beragam. Harga bergantung pada ukuran dan kerumitan ukiran.  Untuk ukiran mudah dan bahan yang tidak terlalu bagus, harga kursi tamu dengan meja sederhana, hanya 2,5 juta. Sedangkan lemari dengan tinggi lebih dari 2 meter dan luar 1,8 meter, dipatok pada harga 6 jutaan hingga 10 jutaan.

Macam-macam ukiran dari daerah Jepara ini memang memesona. Rumah seolah tidak lengkap sebelum diisi perabotan dengan ukiran Jepara yang cantik.

Selanjutnya : Magic Jar, Teknologi Sederhana dari Listrik Menjadi Kalor
Sebelumnya: Macam-macam Trik BMX Street
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar