Macam-Macam Undang-Undang di Indonesia


Sebagai salah satu negara hukum, Indonesia memiliki macam-macam undang-undang yang mengatur berbagai hal atau aspek kehidupan. Sebelum mengetahu undang-undang apa saja yang ada di negara kita, ada baiknya bila kita menelusuri lebih jauh tentang pengertian undang-undang dan apa tujuannya.

Undang-undang bisa didefinisikan sebagai peraturan yang mengatur kehidupan masyarakat dalam suatu negara demi tercapainya tujuan bersama. Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak macam undang-undang yang dibuat dan harus dipatuhi oleh siapapun yang menjadi warga negara bangsa ini. Berikut adalah beberapa Macam-Macam Undang-Undang di Indonesia.

1. Undang-Undang Dasar 1945

Disebut juga UUD 1945 dan telah menjadi dasar negara Republik Indonesia. Undang-undang yang disahkan pada tahun 1945 tersebut berisi tentang hukum dan aturan konstitusi pemerintahan yang dijalankan oleh negara kita.

2. Undang-Undang Ketenagakerjaan

Undang-undang ini mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan tenaga kerja. Misalnya, tentang pengertian tenaga kerja, siapa yang memberi kerja, aturan pelatihan kerja, pemagangan, maupun tentang perjanjian kerja. Hal-hal lain seperti hak dan kewajiban, termasuk masalah gaji atau upah, juga tercantum di sini.

3. Undang-Undang Perlindungan Anak

Undang-undang ini dibuat untuk memberikan perlindungan pada anak-anak di Indonesia. Segala sesuatu yang berkaitan tentang kewajiban serta hak seorang anak, semuanya tercantum di sini. UU ini juga berisi tentang kewajiban dan tanggung jawab orangtua, pemerintah, maupunmasyarakat terhadap anak.

4. Undang-Undang Perlindungan Konsumen

Undang-undang ini dibuat demi memberikan perlindungan pada pihak konsumen di Indonesia. Pada UU ini akan dijelaskan bahwa seorang konsumen memiliki hak untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan, serta keselamatan dalam mengonsumsi produk-produk apapun, baik berupa barang maupun jasa. Hak untuk mendapatkan pelayanan yang baik juga tercantum di sini.

5. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik

UU yang satu ini berisi peraturan tentang penggunaan media elektronik. Contoh aturan yang terkandung dalam UU ITE ini adalah perbuatan apa saja yang dilarang, penyelesaian sengketa, serta bagaimana peran pemerintah serta masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi elektronik tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai macam-macam undang-undang yang ada di Indonesia. Mudah-mudahan hal ini bisa menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Cara Melahirkan Jaman Dulu
Sebelumnya: Jangan Lupakan Jasa Guru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar