Macam Mikroskop dan Fungsinya


Siapa yang tak tahu apa itu mikroskop. Anak SD saja sudah tahu seperti apa mikroskop. Namun, tahukah anda ternyata mikroskop itu banyak macamnya. Ini yang belum semuar orang ketahui.

Macam-macam mikroskop dan fungsinya hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja. Meskipun kita tidak akan menggunakan mikroskop dalam keseharian kita, tapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui berbagai macam mikroskop dan fungsinya.

Mikroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat sebuah benda yang ukuranya sangat kecil dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Mikroskop pertama kali dibuat oleh seorang berbangsa Belanda yang bernama Zacharias Jansen, pada tahun 1590. Akan tetapi, mikroskop yang dianggap sempurna adalah yang diciptakan oleh Anthony van Leeuwenhoek tahun 1683.

Ia mampu menghasilkan mikroskop dengan daya pengamatan yang lebih baik dari mikroskop yang telah dibuat sebelumnya oleh ilmuwan lain.

Mikroskop memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat yang digunakan untuk membantu melihat benda atau makhluk hidup yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Selain itu, mikroskop juga bermacam-macam dan memiliki fungsi yang berbeda sesuai spesifikasinya.

•    Mikroskop Optis, yaitu mikroskop yang memiliki lensa lebih dari satu. Fungsinya yaitu untuk memproduksi gambar yang diperbesar  dari benda kecil yang diletakan pada meja objek.

•    Mikrosop Cahaya, yang berdasarkan kegiatan pengamatan yaitu mikroskop diseksi yang berfungsi untuk mengamati bagian permukaan objek.

Mikroskop monokuler dan binokuler yang berfungsi untuk mengamati bagian dalam objek. Sedangkan berdasarkan kerumitan kegiatanya yaitu mikrosop sederhana yang berfungsi sebagai alat belajar para pelajar.

•    Mikroskop Elektron, yang berfungsi sebagai perbesaran yang paling tinggi dibanding mikroskop lain.

Sama seperti alat-alat lainnya mikroskop tentu juga memiliki struktur yang menyusunnya. Mikroskop disusun oleh  dua bagian yaitu bagian mekanik dan bagian optik.

Bagian mekank  terdiri atas kaki mikroskop, pilar atau sendi inklinasi, pengatur kondensor, kondensor , lengan mikroskop, engsel penggerak, meja preparat, penjepit preparat, tabung , revolver dan sekrup pemutar. Sedangkan bagian optik terdiri atas cermin datar, cermin cekung, diafragma, lensa objektif, dan lensa okuler.

Itulah macam-macam mikroskop dan fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang mikroskop.

Selanjutnya : Bolehkah Makan Cabe Saat Keracunan Kehamilan?
Sebelumnya: Motif Gambar Wallpaper Kamar Tidur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar