Macam-macam Penelitian Kuantitatif


Metode penelitian ada dua macam, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Macam penelitian kuantitatif ada beberapa, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.    Penelitian Deskriptif, adalah metode penelitian yang menggambarkan objek atau subjek yang sebenarnya secara tepat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui masalah-masalah yang ada di masyarakat, kebiasaan, serta tata cara yang berlaku di masyarakat. Termasuk hubungan antara sikap, pandangan, kegiatan yang menunjukkan hubungan yang memengaruhi suatu fenomena tertentu.

2.    Penelitian Komparatif, adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui, apakah ada perbedaan antara dua variabel atau lebih. Penelitian dilakukan secara alami terhadap subjek penelitian. Dalam hal ini tidak ada manipulasi data dari peneliti. Semua dilakukan dengan cara mengumpulkan data, lalu hasilnya dianalisis secara statistik, dan diinterpretasi secara jelas.

3.    Penelitian Korelasi, adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel, berdasarkan pemikiran tertentu. Contohnya apakah ada hubungan antara perilaku orang merokok terhadap intensitas stres pada suatu perusahaan. Setelah dilakukan pengumpulan data, lalu data diolah secara statistik, kemudian diinterpretasikan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara perilaku tersebut.

4.    Penelitian Survey, adalah penelitian yang teknik pengambilan datanya menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang berupa kuesioner atau wawancara. Biasanya dilakukan untuk mengetahui kondisi tertentu dalam masyarakat secara umum. Dengan mengambil sampel secara acak dalam suatu populasi tertentu.

5.    Penelitian Ex Post Facto, adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui sebab akibat. Berdasarkan kajian teori, bahwa variabel tertentu akan mengakibatkan variabel tertentu pula. Atau variabel tertentu akan berakibat terhadap variabel lain.

6.    Penelitian True Experiment, adalah penelitian yang dilakukan berdasarkan eksperimen murni sang peneliti. Dalam penelitian ini data diambil secara acak dari suatu populasi tertentu, baik terhadap kelompok kontrol, maupun kelompok sampel eksperimen.

7.    Penelitian Quasi Experimen, adalah penelitian yang diperoleh dari pengembangan true experiment design. Ciri dari penelitian ini adanya kelompok kontrol, akan tetapi tidak sepenuhnya mengontrol variabel yang memengaruhi.

8.    Penelitian Subjek Tunggal, adalah penelitian yang menggunakan subjek tunggal dalam eksperimennya atau disebut juga dengan Single Subject Experimental.

Demikian penjelasan tentang macam penelitian kuantitatif. Semoga menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Mekanisme Over Kredit Mobil
Sebelumnya: Tambahan Materi Demam Berdarah di Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar