Berbagai Macam Pupuk untuk Pohon Buah Naga


Pembudidayaan buah naga membutuhkan perawatan secara efektif disertai dengan pemilihan pupuk yang baik karena macam pupuk untuk pohon buah naga sangat bervariasi. Buah naga memang bukan buah asli Asia. Masuknya buah naga ke Indonesia dimulai dari kawasan Vietnam. Namun semakin lama tanaman ini menyebar hingga mencapai nusantara dan dibudidayakan.

Khasiat Buah Naga

Buah naga memang berbeda dengan buah-buahan lainnya. Warnanya yang kemerahan dengan jumbai-jumbai serupa sisik naga membuat buah ini dijuluki buah naga. Bentuk buahnya agak lonjong. Khasiat buah naga pun sudah banyak dibahas dan diteliti.

Penyakit-penyakit ringan hingga berat dapat disembuhkan dengan mengonsumsi buah naga maupun hasil olahannya, misalnya saja diabetes, tekanan darah tinggi, serta penyakit kronis seperti asma. Buah naga pun dapat dijadikan sebagai menu diet karena memiliki kandungan serat cukup.

Pemilihan Pupuk untuk Budidaya Buah Naga

Peluang diminatinya buah naga tentu membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya sendiri. Beredarnya jenis-jenis pupuk dengan berbagai kualitas membuat para pembudidaya tanaman ini jeli dalam memilih. Pemberian pupuk mempengaruhi perbungaan tanaman serta pembentukan buah.

Pupuk Organik

Pupuk yang dapat diberikan pada pohon tersebut dapat berupa pupuk organik maupun pupuk anorganik. Salah satu jenis pupuk organik adalah pupuk kandang. Pembuatan pupuk tersebut dilakukan menggunakan bahan dasar kotoran ayam maupun kambing.

Meskipun pupuk kandang dinilai lebih efektif jika diberikan pada tanaman, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Pupuk kandang yang baik memiliki ciri fisik yang mudah diamati, seperti warnanya yang cokelat kehitaman, tidak basah, baunya tidak menusuk hidung, serta tidak menggumpal.

Pupuk Anorganik

Pupuk anorganik juga memiliki fungsi sama seperti pupuk organik. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih pupuk anorganik adalah kandungan unsur di dalamnya. Seperti manusia, tumbuhan memerlukan unsur hara, baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak.

Unsur hara yang dibutuhkan pohon naga dalam jumlah besar adalah nitrogen, phosphor, kalium, kalsium, magnesium, sulfur, dan berbagai mineral lainnya. Jadi, untuk memperoleh unsur-unsur tersebut dalam pupuk, Anda dapat memilih pupuk anorganik misalnya pupuk ZA atau ammonium sulfat, SP 36, dan ZK.

Pemberian pupuk memang penting bagi percepatan pertumbuhan pohon buah naga, namun jika dosis yang diberikan berlebihan, pohon tidak akan tumbuh maksimal tetapi mengalami masalah-masalah. Untuk itu, selalu perhatikan dosis pemberian pupuk agar pohon naga dapat tumbuh dengan baik dan membawa keuntungan. Semoga berhasil.

Selanjutnya : Senjata Api Produksi PT Pindad
Sebelumnya: Langkah-langkah Menyelesaikan Item Rekonsiliasi NSF
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar