Bentuk dan Macam Rapat

Rapat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk merumuskan atau mencari solusi dari sesuatu yang akan dihadapi. Ada beberapa macam rapat sesuai bentuk dan tujuannya. Jenis-jenis rapat itu akan dijelaskan berikut ini. 

Rapat Berdasarkan Tujuannya

Loading...

Pertama adalah rapat penjelasan. Rapat ini biasanya dipakai oleh organisasi atau perusahaan untuk menjelaskan rencana atau sebuah kebijakan. Tentunya dengan adanya rapat semacam ini, para peserta rapat mengetahui tentang apa yang akan dikerjakan ke depannya.

Jenis rapat kedua adalah rapat untuk mencari solusi dari sebuah masalah (Problem Solving Conference). Sesuai namanya, rapat ini ditujukan untuk mencari penyelesaian dari sebuah masalah. Selanjutnya ada juga yang disebut sebagai rapat perundingan. Tujuan dari rapat ini adalah mencari solusi dari dua atau beberapa pihak yang terkena masalah.

Rapat Berdasarkan Sifatnya

Jika melihat rapat berdasarkan sifatnya, maka ada yang disebut sebagai rapat formal, rapat informal, rapat terbuka, dan rapat tertutup. Rapat formal adalah rapat resmi yang para pesertanya diundang secara khusus. Rapat informal adalah rapat dadakan dan situasional.

Artinya, rapat ini tidak terencana dan umumnya anggota rapat bisa siapa saja.
Selanjutnya adalah rapat terbuka. Jenis rapat yang bersifat umum. Semua orang boleh mengikuti rapat ini. Berkebalikan dengan rapat terbuka, rapat tertutup bersifat rahasia dan dihadiri oleh anggota inti atau penting saja.

Rapat Berdasarkan Frekuensinya

Rapat pun dapat terbagi ke dalam beberapa jenis, sesuai jangka waktu atau frekuensinya. Contoh rapat jenis ini adalah rapat mingguan, rapat bulanan, rapat semester, rapat rutin dan juga rapat insidental.

Rapat Berdasarkan Keanggotaannya

Ada pula jenis rapat yang dilihat dari keanggotaannya. Umumnya, jenis rapat ini dilakukan oleh perusahaan atau instansi yang memiliki beberapa bidang semacam departemen/divisi/seksi.

Dalam hal ini terdapat tiga jenis rapat, yaitu rapat umum yang biasanya dilakukan oleh seluruh anggota atau karyawan. Kedua, rapat perbagian atau bidang yang umumnya diadakan oleh salah satu divisi tertentu. Terakhir, rapat yang khusus dihadiri oleh para pimpinan instansi atau sering disebut rapat pimpinan.

Itulah garis besar penjelasan tentang bentuk-bentuk dari rapat. Jenis dan macam rapat yang sudah dijelaskan tersebut mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan dan bisa dipraktikan agar saat melakukan rapat tidak salah arah.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Macam Psikologis Gangguan
Sebelumnya: Kata-kata Rindu Buat Kekasih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar