Macam Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan


Apa saja macam ruang lingkup administrasi pembangunan? Salah satu disiplin ilmu dalam bidang administrasi adalah ilmu administrasi pembangunan. Ilmu ini termasuk jenis disiplin ilmu yang baru, karena baru dikenal dan dikembangkan pasca perang dunia ke 2. Kala itu, dunia mengalami tata kelola baru pasca meletus perang besar yang membuat banyak perubahan dan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan umat manusia.

Pasca perang, dunia terbagi menjadi beberapa pola negara yakni negara yang menang perang, negara yang kalah berperang, negara yang baru merdeka dan negara miskin. Tahapan pembangunan pasca peranglah yang melatari berkembangnya ilmu administrasi pembangunan serta memahami apa saja macam dan ruang lingkup administrasi pembangunan itu.

Definisi adminitrasi pembangunan

Terdapat beragam pendapat yang dikemukakan oleh para ahli terkait definisi dari administrasi pembangunan. Beberapa pendapat itu sebagai berikut :

1.  Sondang P. Siagian memberikan definisi administrasi pembangunan sebagai seluruh usaha yang dilakukan oleh suatu masyarakat untuk memperbaiki tata kehidupan bangsa tersebut dalam rangka usaha pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

2.  Bintoro Tjokrohamidjojo, administrasi pembangunan mempunyai dua fungsi. Pertama, penyusunan kebijakan penyempurnaan Administrasi negara (the development of administration), meliputi bidang organisasi, kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, dan sarana-sarana administrasi. Kedua, penyempurnaan administrasi untuk mendukung (a) perumusan kebijakan dan program-program pembangunan, serta (b) pelaksanaannya secara efektif. Aspek kedua ini dinamakan the administration of development proses atau administrasi proses pembangunan.

3.  Mustopadidjaja merumuskan administrasi pembangunan adalah “ilmu dan seni” tentang bagaimana pembangunan suatu system administrasi negara dilakukan sehingga system administrasi tersebut mampu menyelenggarakan berbagai fungsi umum pemerintahan dan pembangunan secara efisien dan efektif.

Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan

Macam ruang lingkup adminitrasi pembangunan terdiri dari dua fungsi:

1.  The Development of Administration (Menyusun kebijakan untuk menyempurnakan administrasi Negara). Proses penyempurnaan administrasi Negara itu terdiri dari proses pembinaan lembaga-lembaga yang diperlukan, system dan metode perekrutan kepegawaian, tata kerja serta proses pengurusan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan administrasi.

2.  The Administration Of Development. Merumuskan kebijakan serta program pembanguan di berbagai bidang dengan memperhatikan prinsip efektif dan efisien dalam penyelenggaraannya.
Demikian penjelasan macam ruang lingkup administrasi pembangunan yang bisa dijadikan salah satu referensi Anda.

Selanjutnya : Langkah Mendownload File di Internet
Sebelumnya: Belajar Cara Memakai CorelDraw
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar