Macam Serangga dan Hewan Pengerat


Banyak macam serangga dan hewan pengerat yang hidup di dunia. Cara hidup serangga berbeda dengan hewan lain pada umumnya. Semua serangga memiliki jumlah kaki yang sama, yaitu enam.

Beberapa serangga memiliki sepasang sayap seperti kupu-kupu. Serangga tidak memiliki tulang pada tubuhnya. Semua serangga bernapas melalui lubang-lubang pernapasan yang ada pada tubuhnya.

Hewan pengerat yang sering kita jumpai adalah tupai, tikus, dan landak. Hewan pengerat memiliki keunikan. Mereka mempunyai gigi seri yang kuat dan terus tumbuh. Oleh karena itu, hewan pengerat harus sering mengasah giginya agar gigi tidak tumbuh terlalu panjang.

Semut dan Lebah

Berikut ini akan diuraikan serangga dan hewan pengerat yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semut merupakan serangga yang sangat rajin.

Mereka setiap hari bekerja dan mencari makanan untuk kebutuhan koloni semut dan pemimpinnya. Kelompok semut dipimpin oleh ratu semut. Di dunia ada lebih dari 1200 jenis semut.

Lebah merupakan salah satu jenis serangga yang hidup berkelompok dalam satu sarang. Di setiap sarang yang lebah diami, ada tingkatan kelompok, yaitu kelompok lebah jantan, kelompok lebah betina, kelompok lebah pekerja, dan ratu lebah.

Serangga penghasil madu ini senang sekali bekerja mencari makanan untuk sang ratunya. Terutama para lebah pekerja. Serangga lebah memakan sari bunga-bungaan.

Si Pengerat Benda Keras

Tikus termasuk hewan pengerat. Gigi depan (seri) tikus terus tumbuh. Tikus harus selalu berusaha agar giginya tidak tumbuh terlalu panjang.

Sebab itulah tikus akan selalu mengerat benda-benda keras. Jika mereka tidak mengerat, giginya akan terus tumbuh dan mereka tidak bisa menutup mulutnya.

Landak juga termasuk hewan pengerat. Landak pun akan melakukan hal yang sama, mengerat benda-benda keras agar giginya tidak terus tumbuh. Landak memiliki duri-duri di tubuhnya. Duri-duri tersebut akan meruncing ketika ada musuh yang mendekatinya.

Selain tikus dan landak, yang termasuk hewan pengerat lainnya adalah kelinci. Binatang tersebut pun suka mengerat, seperti landak dan tikus agar giginya tetap tumbuh pendek.

Demikianlah beberapa macam serangga dan hewan pengerat yang dibahas. Semoga pengetahuan bertambah!

Selanjutnya : Cara Pengawetan Daging Babi
Sebelumnya: Mengenal Jenis-jenis Media Komunikasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar