Mengenal Macam Suku Jawa Asli

Pulau Jawa adalah pulau di Indonesia dengan jumlah penduduk paling banyak. Jumlah penduduk yang menyebar dan beragam ini berasal dari berbagai suku di Indonesia.

Kebanyakan dari mereka merantau dan bekerja di Pulau Jawa. Namun di pulau ini terdapat beberapa suku asli yang menetap lama di Pulau Jawa. Ada berapa macam suku Jawa di pulau ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Macam Suku di Jawa

Suku pertama adalah suku Jawa. Suku ini adalah suku terbesar di Pulau Jawa, bahkan di Indonesia. Tidak heran jika hampir di semua provinsi, selalu ada orang Jawa. Suku Jawa sendiri berkembang dan paling banyak ditemui di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suku terbesar kedua di Pulau Jawa, yaitu suku Sunda. Penamaan suku Sunda sendiri berasal dari nama kerajaan di Jawa Barat yaitu Kerajaan Sunda, penerus kerajaan Tarumanegara. Selain di Jawa Barat, suku Sunda juga cukup tersebar, hanya saja tidak sebanyak suku Jawa.

Suku ketiga adalah suku Betawi. Suku Betawi banyak terdapat di ibukota Indonesia, Jakarta, yang notabene merupakan kota maju dengan beragam suku dan budaya. Suku Betawi merupakan kelompok yang dulunya berasal dari perpaduan banyak suku, seperti Jawa, Sunda, Bugis, Makasar, bahkan campuran dengan suku pendatang.

Keempat, ada suku Madura. Suku yang diperkirakan mencapai 10 juta jiwa ini ada di Pulau Madura dan sekitarnya. Suku ini bisa ditemukan di Pasuruan, Banyuwangi, Probolinggo, dan Bondowoso. Suku kelima yang cukup besar adalah suku Tengger. Suku ini berada di Probolinggo, Jawa Timur. Tepatnya di Gunung Bromo.

Itulah penjelasan tentang suku-suku besar yang ada di Pulau Jawa. Namun, sebenarnya masih ada juga tiga macam suku Jawa asli lain yang sudah sejak dulu berada di Pulau Jawa. Suku-suku tersebut memang tidak terlalu besar, tapi cukup memberi pengaruh sebagai bagian dari khazanah budaya Indonesia.

Suku-suku yang dimaksud adalah suku Badui, yang merupakan suku unik dan masih tetap menjunjung tinggi adat istiadatnya. Suku ini berada di Provinsi Banten. Ada juga suku Osin yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Terakhir, yaitu Orang Samin yang bisa ditemui di daerah Purwodadi, Jawa Tengah.

Selanjutnya : Perawatan Lembu
Sebelumnya: Panduan Singkat Menyusun Permohonan Dana untuk Acara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...