Macam Tari Tradisional Sumbar


Pada umumnya setiap propinsi yang ada di Indonesia memiliki keragaman tersendiri yang patut kita banggakan. Indonesai memag terkenal sebgai negara yang kaya akan kebudayaan. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam tarian, pakaian adat serta masih banyak lagi kebudayaan yang ada di Indonesia. Keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia tersebut antara lain adanya macam tari tradisional Sumbar atau Sumatera Barat. Tari tradisional yang berasal dari Sumatera Barat adalah:

1. Tari Piring

Tari piring ini berasal dari minangkabau. Tari piring sesuai dengan namanya maka peralatan utama yan dibutuhkan dalam tarian ini adal piring. Setiap penari memegang piring di telapak tangan mereka. Tari piring ini melambangkan rasa syukur para petani yang telah mendapatkan hasil dari mereka bercocok tanam. Tari piring ini juga merupakan salah satu tarian yang berirama cepat.

2. Tari Indang

Tari indang yang berasal dari Minangkabau ini lebih kita kenal dengan tari badindin. Tari indang ini pada umumnya ditampilkan secara berkelompok serta penari indang sambil berdendang atau bernyanyi.

3. Tari Lilin

Tari lilin ini mengunakan peralatan utama seperti nama tariannya yaitu lilin. Lilin diletakkan diatas kedua telapak tangan. Sehingga penari lilin harus berhati-hati saat berlenggak-lenggok saat menari sambil membawa lilin. Tari lilin merupakan tarian sejenis tarianyang biasa ditampilkan di istana serta sebaiknya ditampilkan pada saat malam hari. Penari lilin ini membtuhkan waktu yang lama untuk menampilkan tarian ini, karena penari lilin yang professional harus dapat mengkondisikan agar lilin tersebut tepa menyala atau tidak mati.

4. Tari Payung

Tari payung ini merupakan tarian yang berasal dari daerah minang. Tari payung ini ditampilkan secara berpasang-pasang. Tari payung ini menggambarkan rasa kasih sayang yang diberikan oleh pasangan kita yang dilambangkan dengan pasangan kita melindungi kita menggunakan payung tersebut. Tari payung ini identik dengan tarian yang biasa dibawakan oleh muda mudi. Peralatan yang dibutuhkan dalam tarian ini adalah payung yang dibawa oleh penari pria serta selendang yang dipakai oleh penari putri.

Demikianlah beberapa macam tari tradisional Sumbar yang dapat kami paparkan. Namun sebenarnya masih banyak lagi macam dari tradisional Sumbar yang tidak dapat kami ulas satu persatu.

Selanjutnya : Speed Test Speedy Untuk Mengetes Kecepatan Speedy
Sebelumnya: Speaker Untuk Luar Ruangan yang Bersuara Jernih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar