Macam Zakat Berdasarkan Syarat Wajib dan Penerimannya

Macam zakat yang diketahui hanya ada dua, yaitu zakat fitrah dan zakat maal, untuk zakat yang lainnya terbagi dari zakat maal (harta) menjadi beberapa bagian, yaitu ada zakat barang emas dan perak, zakat uang simpanan, zakat pendapatan/profesi, zakat saham, zakat binatang ternak dan lain-lain. Dari macam-macam zakat di atas yang berhak melakukannya adalah bagi yang mampu dan zakat ini merupakan sebagai bentuk ibadah ke pada Allah SWT. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berzakat, yaitu syarat waji dan orang yang berhak menerima zakat tersebut.

Macam-macam Zakat Berdasarkan Syarat Wajibnya

Syarat wajib zakat ini merupakan hal yang harus diperhatikan bagi orang-orang yang akan berjakat, setiap zakat yang mau dikeluarkan harus memenuhi syarat-syarat zakat tertentu. Syarat wajib zakat fitrah; Islam dan memiliki harta lebih (dapat memenuhi kehidupan kesehariannya). Syarat wajib zakat maal; islam, merdeka, milik sepenuhnya, cukup haul dan cukup nisab dan untuk zakat-zakat yang lainnya pun seperti itu syarat wajib dan ketentuannya.

Dari syarat-syarat tersebut kita dapat artikan, kenapa perlu adanya syarat-syarat tersebut. misalnya macam-macam zakat berdasarkan syarat wajibnya, yang pertama; islam, dimana zakat hanya diwajibkan untuk orang islam saja. Kedua; merdeka, dimana seorang budak tidak perlu mengeluarkan zakat lainnya kecuali zakat fitrah dan yang berhak mengeluarkan zakat yang lainnya adalah tuannya (pada zaman dulu). Ketiga; milik sepenuhnya, dimana harta yang akan dizakatkan milik orang islam sepenuhnya dan merdeka. Keempat; cukup haul, dimana harta yang ingin dizakatkan, yaitu berumur/genap setahun (365 hari). Kelima; cukup nisab, dimana nisab ini merupakan nominal uang yang akan dizakatkan (sesuai dengan harga emas terbaru).

where to buy zyban. order zyban on internet. buy zyban online without prescription. zyban medication. dec 20, 2014 – shop with us for cheap fluoxetine online medications you need mg 40 india where to buy generic medication for best price sales prices cheap zyban in uk. canadian pharmacy zyban. Macam-macam Zakat dan Orang yang Berhak Menerimanya cheapest prices pharmacy. levitra with dapoxetine online. cheapest rates, clomid x indux clomid reviews buy dapoxetine cost of zoloft without insurance zoloft price in philippines generic zoloft online india.

Selain dari syarat-syarat wajib untuk berzakat ada juga orang-orang yang berhak untuk menerima zakat. Ada beberapa orang yang berhak menerima zakat, yaitu fakir; orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak memiliki harta, miskin; orang yang mempunyai pekerjaan tapi tidak dapat memenuhi kehidupan kesehariannya, amil; orang (panitia) yang membagikan zakat dan menerima zakat, muallaf; orang yang baru masuk islam tapi fakir/miskin.

Orang yang berhak menerima zakat yang lainnya adalah riqab; seorang budak yang ingin merdeka/keluar dari perbudakan dan harus membayar uang tebusan, gharim; orang yang memiliki hutang baik untuk dirinya sendiri atau untuk kepentingan orang banyak, sabilillah; untuk keperluan/kepentingan agama islam, ibnu sabil; musafir (orang yang sedang melakukan perjalanan) yang kehabisan bekal. Berikut adalah macam zakat berdasarkan orang yang menerima zakat dan syarat-syarat untuk melakukan zakat.brand cialis

Selanjutnya : Wisata dan Kuliner Bogor
Sebelumnya: 5 Tempat Wisata yang Ada di Riau dengan Keunikan Tersendiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...