Mahkamah Internasional


Mahkamah internasional (MI) merupakan badan perlengkapan yang terdapat pada PBB berpusat di Denhag, Belanda. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan agar dapat menyelesaiakan atau mengadili masalah antar negara-negara didunia.

Fungsi MI Di PBB

Sesuai dengan fungsinya di PBB, organisasi ini didirikan untuk menyelesaikan hukum antar Negara didunia.

Peranan MI Di PBB

Menerima persoalan persengketaan dari negara anggota PBB, danmemberikan usulan kepada dewan keamanan dan majelis umum yang berhubungan pengan perdamaian dunia. Itulah sebabnya PBB sangat membutuhkan organisasi ini untuk menjaga perdamaian dunia.

Tugas yang Harus Dilakukan MI Di PBB

Tugas yang harus di emban oleh organisasi ini yaitu mempersatukan semua warga dunia agar tidak terjadi perpecahan. Seperti yang terjadi sekarang ini pada beberapa negara yang masih terjadi peperangan. Hal tersebut diajukan kepada MI agar segera diberikan jalan keluar untuk mencapai persatuan dan kesatuan warganya.

Kasus-kasus yang dapat Ditempuh Melalui MI

Kasus yang dapat ditempuh berhubungan dengan satu negara dengan negara lain. Namun tidak bisa menempuh persatuan melalui perdamaian diantara mereka sendiri, dan terjadinya peperangan antara negara tersebut hingga menjatuhkan banyak korban.

Cara Pelaporan Kasus pada MI agar Ditindak Lanjuti

Kedua belah pihak yang berperang harus melaporkan kasusnya kepada MI. Karena mereka dinilai tidak bisa menyelesaian masalah mereka tanpa bantuandari MI.

Pemilihan Anggota MI

Pemilihan anggotanya sangat mudah karena diambil dari negara anggota PBB itu sendiri.Mereka dipilih berdasarkan kecakapan mereka dalam menyelesaiakan sebuah perkara. Itu tidak didasarkan oleh negara mereka tinggal, hal tersebut dilakukan untuk menjamin bahwa sitem hukum terpenting berada tangan mahkamah.

Sehingga setiap anggota yang masuk dalam mahkamah diambil sumpah janji. Masa jabatan pada setiap anggotanya selama sembilan tahun, dan bisa dipilih kembali apabila dia tidak menjabat pada organisasi apapun.

Keputusan yang Diambil Oleh MI

Pengambilan keputusan pada setiap peradilan berpedoman atau bersumber dari perjanjian internasional yang sudah dibuat. Keputusan yang dikeluarkan merupakan keputusan terakhir meskipun diminta banding. Ketika berbicara tentang organisasi ini, akan muncul pemikiran kita mengenai pengadilan arbitrase internasional yang memiliki tujuan yang sama.

Demikian penjelasan singkat mengenai Mahkamah Internasional beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ukuran Tinggi dan Besar Gawang Lapangan Futsal
Sebelumnya: Kerukunan Umat Beragama Kristen dengan Agama Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar