Tips Aman Main Futsal

Main futsal merupakan salah satu hobi yang belakangan ini berkembang di tengah masyarakat. Olahraga yang mengadopsi sepak bola ini, langsung menarik minat banyak penggemar sepakbola untuk juga menyukai olahraga ini. Bukan hanya di kawasan perkotaan, penggemar futsal kini juga sudah merambah ke kawasan pedesaan.

Demikian meratanya penggemar olahraga ini, ditandai dengan semakin banyaknya ajang kejuaraan yang digelar. Hampir setiap minggu, dijumpai event kejuaraan futsal yang digelar dengan memperebutkan berbagai macam hadiah.

Olahraga Futsal

Futsal merupakan jenis olahraga yang mirip dengan sepak bola. Hanya saja, jumlah pemainnya jauh lebih sedikit daripada pemain sepak bola yang dimainkan oleh sebelas orang dalam satu tim. Untuk bermain futsal, cukup dibutuhkan lima orang dalam satu tim dan ditambah beberapa orang sebagai cadangan.

Selain itu, permainan futsal ini tidak membutuhkan lapangan yang lebar sebagaimana sepakbola. Ukuran lapangan futsal adalah 25 x 15 meter. Sehingga permaian ini bisa dilakukan di lokasi yang sempit, termasuk dimainkan di dalam gedung. Hal ini memudahkan permainan untuk bisa dilakukan dalam kondisi apa saja, termasuk jika dalam keadaan hujan lebat sekalipun.

Tentunya, dengan ukuran luas lapangan yang lebih kecil, secara otomatis ukuran gawang juga jauh lebih kecil dibandingkan gawang permainan sepakbola. Durasi permainan pun untuk futsal tidak terlalu lama. Dimainkan dalam dua babak, setiap babak membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Tips Aman Dalam Permainan Futsal

Dalam bermain futsal, resiko cedera yang bisa dialami oleh pemain tidak kalah besar jika dibandingkan dengan bermain di lapangan sepak bola. Oleh karena itu, dalam bermain futsal dibutuhkan beberapa tips, agar seseorang bisa meminimalisir resiko cedera yang mungkin terjadi. Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

1. Melakukan pemanasan dengan baik, karena saat main futsal tubuh akan selalu bergerak sehingga memerlukan stamina dan kelenturan otot yang lebih baik.

2. Gunakan pelindung tulang kering, untuk mencegah cedera pada bagian tulang kering pada saat berbenturan dengan pemain lain. Mengingat, ukuran lapangan yang tidak terlalu luas, peluang untuk berbenturan dengan pemain lain sangatlah besar terjadi.

3. Gunakan sepatu yang sesuai. Bermain futsal bisa dilakukan pada beberapa jenis lapangan, seperti rumput atau juga non rumput. Gunakan sepatu yang tepat, agar saat berlari tidak mudah jatuh karena terpeleset.

4. Pakailah pelindung lutut, untuk mencegah terjadinya cedera yang parah karena jatuh di bagian tersebut. Mengingat luka pada lutut biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses penyembuhannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai main futsal yang dapat menambah wawasan Anda yang gemar bermain permainan futsal yang sedang semarak saat ini karena durasi dan luas lapangannya lebih kecil dibandingkan dengan permainan sepak bola.

Selanjutnya : Mempelajari Ekonomi Internasional
Sebelumnya: Bagian Organ yang Melakukan Proses Pencernaan Mekanik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading