Majalah Infobank Survei BI tentang Loyalitas Bank Syariah dan Bank Konvensional


Bagaimana isi majalah infobank surver bi tentang loyalitas bank syariah dan bank konvensional? Bank kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Dengan berbagai layanan yang disediakan, masyarakat sekarang tentu saja lebih senang menyimpan uang mereka di bank.

Apalagi, kini bermunculan bank syariah, yang sistemnya dianggap lebih cocok untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Tapi, bagaimana dengan soal layanan? Apakah bank syariah lebih baik dibandingkan bank konvensional?

Loyalitas Bank

Pelayanan yang baik tentu berpengaruh pada loyalitas nasabah. Untuk itu, majalah Infobank memuat artikel mengenai survey yang dilakukan Bank Indonesia (BI) tentang loyalitas nasabah bank syariah dan bank konvensional.

Survei yang dilakukan Bank Indonesia ini dilakukan di enam kota besar di Indonesia. Dalam survei ini dapat dilihat indeks kepuasan nasabah dan juga indeks loyalitas. Ternyata, walaupun nasabah merasa puas terhadap layanan dan juga terhadap produk perbankan yang dikeluarkan, namun hal tersebut belum tentu membuat nasabah merasa loyal terhadap bank yang bersangkutan.

Untuk itulah, dibutuhkan kerja keras dari bank untuk meningkatkan loyalitas para nasabahnya. Perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan harus didukung dengan branding yang dapat membuat nasabah selalu memakai layanan dan produk bank yang bersangkutan.

Dari hasil survei tersebut, ternyata produk tabungan dari bank syariah dianggap tidak menimbulkan kepuasan bagi para nasabahnya. Jadi, meskipun bank syariah dianggap lebih sesuai secara agama, namun nasabah masih lebih puas terhadap produk dari bank-bank konvensional. Tingkat kepuasan nasabah terhadap produk-produk bank syariah justru menurun dari tahun sebelumnya.

Tentu saja hal ini harus diwaspadai oleh para pengelola bank syariah. Jika nasabah mereka tidak merasa puas dengan produk yang mereka keluarkan, tentu saja akan berpengaruh pada nilai dana yang masuk untuk membantu pertumbuhan bank syariah.

Secara umum, loyalitas nasabah, khususnya dari produk tabungan, yang paling tinggi dipegang oleh BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan Bank Danamon. Sedangkan untuk bank syariah, indeks loyalitas tertinggi berturut-turut dicapai oleh Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga Syariah, dan Bank Mega Syariah.

Artikel dari majalah Infobank yang memuat tentang survei Bank Indonesia tentang loyalitas nasabah bank syariah dan bank konvensional ini mudah-mudahan membuat layanan perbankan menjadi lebih baik.

Selanjutnya : Hukum Jilbab Gaul
Sebelumnya: Jangan Bayar Kartu Kredit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar