Makalah Administrasi Perkantoran tentang Peralatan Kantor


Bekerja di kantor salah satu lapangan pekerjaan yang cukup bergengsi. Apalagi perusahaan besar tingkat nasional dan internasional. Isi peralatan kantor yang besar maupun yang menengah ke bawah pun juga berbeda-beda.

Tergolong apa saja dan saat membuat makalah administrasi perkantoran tentang peralatan kantor apa saja?. Kesempatan kali ini akan mengulas bagaimana memilih peralatan kantor.

Peralatan kantor yang sudah aus dan rusak segera dilakukan pergantian atau lakukan service secara rutin. Perlengkapan kantor yang sering mengalami kerusakan akan menghambat kinerja dan hasil dari target yang sudah direncanakan.

Misalnya, komputer sudah aus, sering mengalami kerusakan di bagian monitor maupun CPU sehingga mengalami kematian mendadak atau kejadian hal lain, maka komputer segera untuk diganti sebelum terjadi kerusakan secara fatal.

Jangan sampai semua data hilang begitu saja akibat komputer mengalami kerusakan. Lebih baik mencegah daripada kehilangan data penting.

Pihak perencanaan atau karyawan harus saling terbuka dengan pihak pegawai administrasi. Pastikan agar bagian administrasi mencatat dan menganggarkan uang untuk pembelian peralatan kantor.

Apalagi bagian administrasi memiliki tugas seperti itu, mencatat anggaran masuk dan keluar, guna memperlancar saat melakukan tutup buku di setiap akhir tahun.

Tidak boleh sembarangan membeli peralatan kantor. Banyak kasus yang terjadi di lapangan yang sengaja membeli peralatan yang harganya paling murah, begitupun dengan fungsinya yang sangat buruk.

Sebelum membeli peralatan kantor, pastikan bahwa alat-alat tersebut merupakan alat yang dibutuhkan. Seorang administrasi tidak ada salahnya melakukan pengecekan setiap ada karyawan yang meminta dibelikan barang A, B hingga C.

Sebelum membeli peralatan kantor pengganti yang lebih bagus, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah masih bisa dibenahi atau tidak. Jika bisa dibenahi, perhitungkan pula biaya reparasi.

Apabila biaya reparasi justru semakin mahal hampir harga aslinya, maka tidak ada salahnya membeli yang lebih baru.

Makalah administrasi perkantoran tentang peralatan kantor seperti ini terlihat mudah. Namun jika dilakukan tidak semudah yang terlihat.

Karena setiap uang masuk dan uang keluar harus di laporkan secara tertulis dan ada bukti konkrit untuk laporan tutup tahun. Semoga tulisan ini memberikan wacana baru dan bermanfaat.

Selanjutnya : Nilai Nilai Moral yang Terkandung dalam Pancasila
Sebelumnya: Ilmu Penerjemahan dalam Dunia Perbukuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar