Makalah Agama Islam Tentang Sholat Berjamaah


Makalah agama islam tentang sholat berjamaah ini akan membahas mengenai keutamaannya dan hal-hal yang harus diperhatikan pada waktu pelaksanaannya. Sholat untuk para muslim hukumnya wajib, adapun sholat yang wajib dilakukan sebanyak lima yaitu: sholat shubuh, dhuhur, ashar, magrib, dan isya. Sholat bisa dilakukan sendiri-sendiri ataupun berjamaah. 

Yang dimaksud dengan sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan bersama-sama (dua orang atau lebih) dengan menunjuk satu orang untuk menjadi imam atau pemimpin sholat dan yang lainnya menjadi makmum.

Sholat yang dilakukan dengan berjamaah lebih utama dibandingkan dengan shalat yang dilakukan sendirian. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis HR. Bukhari Muslim: “Shalat berjamaah lebih utama dibandingkan dengan shalat yang dilakukan sendiri dengan terpaut dua puluh tujuh derajat.”

Hal-Hal yang Harus diperhatikan dalam Shalat Berjamaah

Dalam shalat berjamaah ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar shalatnya sempurna yaitu:

  1. Makmum tidak boleh mendahului gerakan imam. Makmum harus mengikuti gerakan imam.
  2. Jika shalat berjamaah dilakukan oleh dua orang, (imam dan satu makmum) maka posisi makmum berada di belakang imam atau berada di sebelah kanan imam, agar berbeda dengan imam posisi makmum agak mundur kebelakang. Jika ada orang lain yang datang untuk melakukan shlat berjamaah maka ia sebaiknya mengambil posisi berada di sebelah kiri imam.
  3. Jika takbir sudah dimulai, imam maju ke depan. Jika tidak makmum yang mundur ke belakang dengan langkah yang ringan atau pelan-pelan.
  4. Jika shalat berjamaah terdiri dari dua orang lebih makmum atau terdiri dari shaf/barisan maka barisan harus diluruskan dengan jarak antara makmum yang satu dengan yang lainnya saling merapat (tidak ada celah).

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam shalat berjamaah di atas berpengaruh pada kesempurnaan shalat berjamaah.

Masih banyak makalah agama islam tentang sholat khususnya mengenai shalat yang dilakukan secara berjamaah. Semoga artikel ini bisa menambah informasi mengenai keutamaan dan cara/hal-hal yang harus diperhatikan dalam shalat berjamaah.

Selanjutnya : Resep Rujak Gobet yang Segar dan Pedas Manis
Sebelumnya: Kelas dan Fasilitas Penerbangan Lion Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar