Makalah Antropologi Ekonomi yang Mencakup Lima Disiplin Ilmu


Ilmu Antropologi Ekonomi termasuk bagian ilmu yang kurang berkembang dan kurang diminati di Indonesia. Karena kebanyakan yang dipelajari hanya pada bagian ilmu ekonomi modern, pada antropologi spesialisasi. Sebagai bagian yang linier, pada tahap perkembangan perekonomian didekati dengan pendekatan formalitas. Dari situ perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia, selalu disamakan dengan perkembangan perekonomian dunia barat. Padahal itu merupakan salah satu kelemahan antropologi ekonomi yang dilakukan pendekatan formalitas. Dalam makalah antropologi ekonomi, setidaknya ada lima disiplin ilmu yang perlu kita ketahui.

Klasifikasinya antara lain adalah:

1. Paleontropologi

Ilmu pengetahuan yang membahas tentang bagaimana evolusi pada manusia bisa terjadi. Dengan melakukan penelitian dan pengalian fosil-fosil manusia yang sudah membatu. Selain itu juga melalui mumi manusia yang berhasil ditemukan dalam keadaan utuh dan baik.

2. Antropologi Fisik

Ilmu pengetahuan yang membahas tentang sejarah, bagaimana warna kulit pada manusia bisa terjadi. Dengan melakukan penelitian melalui warna kulit, fenotipk, ciri-ciri tubuh, bentuk dan warna rambut, bentuk hidung, bentuk muka, indeks tengkorak, warna mata, golongan darah, bentuk tubuh, tinggin badan, dan sebagainya.

3. Etnolinguistik atau Antropologi Linguistik

Ilmu pengetahuan yang membahas tentang berbagai macam bentuk metode mengenai analisi kebudayaan. Dengan melakukan penelitian melalui pelukisan tata bahasa dan cirinya, dari berbagai macam jenis bahasa suku-suku di dunia dan juga daftar kata yang ada. Dari semua penelitian itu akan didapatkan data mengenai bahasa-bahasa yang tidak terdapat dalam tulisan.

4. Preshistori

Ilmu pengetahuan yang membahas tentang penyebaran dan perkembangan berbagai macam kebudayaan, manusia semenjak belum mengenal apa yang namanya huruf dan tulisan. Selama kurun waktu 800.000 tahun dari dulu sampai sekarang, bagaimana umat manusia berkembang. Terbagi menjadi dua masa, yaitu masa ketika manusia masih belum tahu mengenai huruf dan tulisan dan masa ketika manusia mulai mengetahui mengenai huruf dan tulisan.

5. Etnologi

Ilmu pengetahuan yang membahas mengenai asas-asas manusia. Dengan mempelajari berbagai macam jenis kebudayaan, dalam kehidupan bangsa-bangsa manusia yang ada di dunia. Ilmu ini terbagi menjadi dua macam aliran, yaitu aliran yang menekankan pada penelitian descriptive integration dan aliran yang menekankan pada penelititan generalizing approach.

Dari sinilah makalah antropologi ekonomi dapat kita pelajari dan dijadikan dasar pembuatan juga penelitan ekonomi.

Selanjutnya : Indonesia pada Masa Demokrasi Liberal
Sebelumnya: Mengenal Kerajinan dari Bubur Kertas Koran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar