Ringkasan Makalah Atletik Lari 100 Meter


Terdapat berbagai jenis olah raga lari,  yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah, lari jarak jauh (Marathon). Lari jarak pendek ialah olah raga lari dengan jarak 50 sampai 400 m. Lari jarak mengengah jarak yang harus ditempuh sepanjang 800 m – 1500 m. Sedangkan lari jarak jauh menempuh biasanya dilakukan di lintasan stadion dengan jarak 300 m, 5.000 m, sampai 10.000 meter. Selain itu masih banyak lagi jenis lari yang lain, seperti lari estafet, galah, halang rintang dan lain sebagainya. Di sini khusus akan dibahas ringkasan makalah atletik lari 100 meter (sprint).

Lari jarak pendek atau sprint merupakan salah satu jenis lari yang mengandalkan kecepatan. Lari jarak pendek mengutamakan kecepatan, oleh karena itu teknik maupun gerakan-gerakan tertentu sangat dibutuhkan. Kecepatan didapatkan dari hasil kontraksi otot-otot yang cepat dan kuat yang akhirnya menghasilkan gerakan-gerakan yang cepat pula.

Teknik lari jarak pendek secara garis besar dapat dibagi menjadi 4 tahap, yakni starting position, starting action, sprinting action dan finishing action. Starting position merupakan posisi pelari ketika akan start atau mulai lari. Untuk jarak pendek biasanya digunakan start jongkok. Starting action merupakan posisi pelari ketika meninggalkan garis start sampai 6-9 langkah. Sprinting action adalah gerakan sprint. Finishing action adalah cara untuk melewati garis finish, biasanya pelari profesional akan mencondongkan badan ke depan untuk mencapai finish lebih awal.

Kualitas pelari jarak pendek dapat dilihat dari serabut ototnya. Pelari jarak pendek yang potensial akan memiliki serabut otot cepat lebih besar daripada serabut otot lambat. Oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa seorang sprinter yang hebat dilahirkan bersama bakat (given) yang diberikan Tuhan.

Lari jarak pendek juga mampu untuk menunjang olah raga lain, seperti lompat jauh. Karena dalam lompat jauh selain keterampilan lompatan, kecepatan lari juga sangat diperlukan. Semakin cepat lari seseorang maka lompatannya pun juga bisa semakin jauh.

Lari jarak pendek memiliki beberapa manfaat. Manfaat lari jarak pendek ialah melenturkan otot-otot, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan stamina, dan lain-lain.

Lari jarak pendek merupakan jenis olah raga murah dengan berbagai manfaat. Ringkasan makalah atletik lari 100 meter ini semoga bisa menginspirasi anda untuk berolahraga.

Selanjutnya : Tujuan Perawatan Persalinan dalam Promkes
Sebelumnya: Persiapan Memulai Bisnis Minyak Wangi Isi Ulang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar