Makalah Cara Mengatasi Masalah Pendidikan dan Pendapat Para Ahli yang Mendukungnya


Banyak sudah jurnal yang memuat makalah cara mengatasi masalah pendidikan dan pendapat para ahli yang mendukungnya. Hal yang terjadi adalah banyak pendapat yang kontradiksi. Masing-masing ahli malah adu argumentasi tentang apa yang sebaiknya dilakukan dalam sistem pendidikan negeri ini.

Kisah Kurikulum 2013

Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh, adalah seorang pendidik yang tidak diragukan lagi keilmuannya. Dengan tim yang bagus, kementerian yang dipimpinnya berusaha membuat kurikulum 2013 bisa menjadi solusi bagi masalah pendidikan yang ada di Indonesia. Dikatakan bahwa kurikulum yang terdahulu sudah tidak mampu membawa perubahan dalam tatanan dunia pendidikan Indonesia.

Tentu saja pendapat ini banyak yang menentang. Salah seorang yang menentangnya adalah Itje Khodijah. Wanita yang bergerak dibidang pendidikan sejak tiga dasawarsa ini merasa bahwa penerapan kurikulum 2013 seperti dipaksakan. Beberapa kelompok masyarakat peduli pendidikan bahkan mengira bahwa proyek kurikulum 2013 hanyalah sekedar proyek bagi-bagi uang.

Apalagi ketika penyelenggaraan Ujian Nasional untuk tingkat SMA mengalami penundaan. Berbagai macam tudingan dialamatkan kepada kementerian yang dipimpin oleh seorang profesor dibidang pendidikan ini. Semakin banyak orang yang apatis terhadap kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah dalam bidang yang sangat penting ini.

Pengangguran dan Upaya Pemerataan Pendidikan ke Seluruh Negeri

Masalah pendidikan tidak bisa terlepas dari masalah pengangguran. Dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi, maka tenaga kerja Indonesia harus dipersiapkan sedini mungkin. Masing-masing sekolah berusaha memberikan yang terbaik kepada para peserta didiknya. Sekolah berbiaya mahal pun menjadi masalah baru.

Adanya kesenjangan antara sekolah bonafid dengan sekolah biasa saja membuat kasta-kasta yang tak terelakan. Bila tawuran antarpelajar terjadi karena persaingan, itu adalah efek dari kesenjangan.

Arief Budiman yang merupakan seorang pendidik yang begitu peduli dengan pembentukan karakter anak didik, merasa sangat sedih dengan semua kejadian ini. Arief Budiman berusaha terus menggalakan bagaimana menanamkan karakter pada peserta didik.

Anies Baswedan, rektor Universitas Paramadina, tidak berpangku tangan.

Rektor termuda ini membuat banyak program dalam bidang pendidikan termasuk Program Indonesia Mengajar. Inilah salah satu program yang dimaksudkan sebagai upaya pemerataan pendidikan ke seluruh tanah air.

Langkah nyata ini perlu dilakukan sehingga makalah cara mengatasi masalah pendidikan dan pendapat para ahli yang mendukungnya tidak berhenti pada wacana semata.

Selanjutnya : Makna dan Pengertian Lambang yang Terdapat Pada Baju Pramuka
Sebelumnya: Macam-Macam Resep Masakan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar