Menyusun Makalah Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah


Bagi sebagian orang, menyusun makalah dasar-dasar menulis karya ilmiah dapat menjadi hal yang tidak mudah. Selain karena tak terbiasa menulis, ketidaktahuan tentang cara menyusun makalah bisa menjadi faktor utama penyebabnya.

Makalah dasar-dasar penulisan karya ilmiah adalah bentuk panduan yang berisi tentang langkah-langkah menyusun sebuah karya tulis ilmiah. Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat berikut ini, yaitu tentang hal-hal penting dalam pembuatan makalah.

1. Cover
Cover berisi judul, logo, nama penulis, dan suatu instansi atau lembaga tempat penulis berada. Khusus untuk judul yang diletakkan di bagian atas, tuliskan ”Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah” dengan huruf agak besar dan berada tepat di tengah (center text).

2. Daftar Isi
Daftar isi tersusun atas daftar atau hal-hal yang Anda tulis di dalam makalah tersebut. Untuk penulisan daftar isi, Anda dapat melakukannya saat paling akhir atau setelah bab-bab lain dalam makalah selesai dikerjakan.

3. Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah. Dalam hal ini, Anda harus menjelaskan alasan membuat makalah tentang dasar-dasar penulisan karya ilmiah.

4. Isi
Bab ini menjelaskan tentang tahap-tahap penyusunan sebuah karya ilmiah. Hal yang pertama adalah memunculkan ide yang bisa ditemukan lewat pengamatan, imajinasi penulis, dan berdasarkan pendapat orang lain.

Kedua adalah tentang riset atau penelitian yang harus dilakukan untuk membedah ide atau gagasan yang sebelumnya sudah ditentukan. Dari riset ini, Anda akan menemukan catatan atau data-data yang nantinya dibutuhkan dalam penulisan karya ilmiah. Ketiga adalah mulai menulis. Data-data yang sudah diperoleh lewat penelitian diolah dan dituangkan hingga menjadi sebuah tulisan yang mengandung informasi tertentu.

5. Penutup
Bab ini berisi kesimpulan. Penulis makalah harus menjelaskan bahwa penyusun karya ilmiah harus menarik kesimpulan tertentu  dari penelitian yang telah dikerjakan.

6. Daftar Pustaka
Bagian ini berisi tentang acuan atau sumber-sumber penulisan karya ilmiah, baik dari buku, jurnal, maupun artikel.

Demikianlah beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat menyusun makalah dasar-dasar menulis karya ilmiah. Pembuatan makalah seperti ini jelas akan memiliki manfaat yang besar, karena bisa membantu seseorang yang sedang berusaha menyelesaikan sebuah karya ilmiah.

Selanjutnya : Makalah Kasus Berkaitan tentang Perbankan di Indonesia
Sebelumnya: Mainan Bayi 4 Bulan, Pilih yang Aman dan Higienis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar