Makalah Diabetes Mellitus


 

Makalah diabetes mellitus adalah makalah yang berisi seluk-beluk tentang penyakit tersebut. Penyakit diabetes mellitus lebih dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis.

Seseorang yang memiliki diabetes mellitus memiliki kadar gula darah melebihi normal karena tubuh tidak lagi mempunyai insulin atau dengan kata lain insulin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Insulin merupakan horman yang bekerja memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel tubuh dan diproduksi oleh kelenjar pankreas yang berada di dalam perut.

Diabetes artinya “banyak kencing”. Mellitus artinya “manis”. Kadar gula darah yang sangat tinggi akan menarik kecing ke luar sehingga yang terjadi pada penderita diabetes akan sering kencing dan jumlah cairannya tidak banyak. Air seni yang dikeluarkannya pun mengandung banyak gula. Penyebutan penyakit kencing manis karena kencingnya bergula.

Tidak Bisa Disembuhkan

Dalam makalah diabetes mellitus ini akan dibahas mengenai penyebab, cara penanganan, dan semua hal tentang penyakit diabetes mellitus yang banyak penyerang hampir 10 persen penduduk di kota besar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes mellitus, ternyata sampai saat ini penyakit diabetes mellitus belum bisa disembuhkan sempurna. Hanya saja yang bisa dilakukan adalah mengontrol kadar gula darah agar tidak terjadi komplikasi. Yang perlu dilakukan oleh penderita diabetes mellitus adalah berolahraga, melakukan diet teratur, dan menggunakan obat sesuai anjuran dokter dengan tepat dan benar.

Faktor Turunan?

Sering kali banyak orang yang bertanya apakah penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit turunan? Jawabannya adalah tidak semua penyakit diabetes diturunkan ke generasi berikutnya. Namun, jika ada seseorang yang terkena diabetes mellitus, bisa jadi dalam keluarganya memiliki risiko terkena diabetes juga.

Tak hanya faktor keturunan saja, penyebab lain penyakit diabetes mellitus disebabkan oleh resistensi insulin dan infeksi virus. Insulin adalah hormon yang diproduksi sel beta di dalam organ pankreas.

Orang gemuk riskan terkena diabetes mellitus karena tumpukan lemak dalam tubuh bisa memblokir kerja insulin. Melakukan olahraga yang teratur bisa mencegah lemak menumpuk sehingga risiko terkena penyakit diabetes mellitus bisa dihindari.

Masih banyak yang bisa dibahas dalam makalah ini, seperti cara diet teratur penderita diabetes mellitus, penanganan penyakit diabetes mellitus, dan lainnya.

Demikian paparan singkat mengenai makalah diabetes mellitus.

Selanjutnya : Teori Evolusi Harun Yahya Versus Teori Evolusi Darwin
Sebelumnya: Spesifikasi Seri Laptop Lenovo G470
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar