Makalah Ekosistem Buatan Sawah


Makalah ekosistem buatan sawah. Suatu ekosistem berisi beberapa komponen. Komponen pembentuk ini saling bergantung satu sama lain. Misalnya, ekosistem sungai. Di dalam sungai ada hewan dan tumbuhan yang saling membutuhkan. Ada tanah, air, dan udara. Ekosistem sungai termasuk ke dalam ekosistem alami.

Bagaimana dengan sawah? Sawah itu termasuk ke dalam ekosistem buatan. Makalah ekosistem buatan sawah ini akan membahas komponen apa saja yang ada di ekosistem buatan tersebut.

Komponen Ekosistem Buatan Sawah

Dikatakan sebagai ekosistem buatan, karena ekosistem ini dibuat oleh manusia dan keberadaannya dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam ekosistem tersebut. Sebaliknya, ekosistem alami terjadi bukan atas pengaruh manusia. Ekosistem itu memang telah terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu komponen yang ada di dalamnya biasanya tidak diatur oleh manusia.

Pembentukan ekosistem buatan ini menimbulkan pengaruh pada alam sekitarnya. Misalnya, sebelum dibentuk sebuah sawah, di suatu tempat tidak ditemukan kelompok burung tertentu. Tetapi setelah terbentuknya sawah, burung-burung, dan hewan lainnya hadir di ekosistem tersebut. Lalu keberadaan air dan tanaman khas sawah pun mendapatkan pengaruh dari manusia.

Selain sawah, masih ada lagi ekosistem buatan, seperti bendungan dan hutan tanaman industri. Sebelum dibuat bendungan, komponen dalam ekosistem itu pasti berbeda. Apalagi jika bendungan itu menenggelamkan perkampungan dengan jumlah penduduk yang cukup banyak.

Begitu juga dengan hutan tanaman industri. Sebelum dijadikan sebagai ekosistem buatan, mungkin saja tempat itu merupakan ekosistem alami dengan jenis hewan dan tumbuhan yang khas.Setelah menjadi ekosistem buatan, komponennya pun berbeda.

Bagaimana dengan sawah? Komponen yang ada di ekosistem ini antara lain adalah padi, gulma, hewan pemakan tikus seperti ular, katak, dan tentu saja ada pengurai. Komponen yang disebut tersebut dianggap sebagai komponen biotik karena merupakan mahluk hidup. Sedangkan komponen abiotik atau komponen bukan mahluk hidup, antara lain adalah tanah, air, dan cahaya matahari.

Fungsi Komponen

Setiap komponen tentu saja mempunyai fungsi masing-masing dan saling membutuhkan. Misalnya, padi sebagai komponen utama di sawah menjadi produsen. Sedang komponen pendukung bergantung pada keberadaan padi.

Itulah sekilas tentang makalah ekosistem buatan sawah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Sebelumnya: Pentingnya Komposisi Campuran Gas dalam Udara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar