Latar Belakang Makalah Faktor Penghambat Intrapersonal


Makalah faktor penghambat intrapersonal secara umum sama dengan makalah yang membahas tema lainnya. Pada artikel kali ini, saya akan sedikit mengupas tentang penyusunan latar belakang makalah yang membahas tentang faktor penghambat komunikasi intrapersonal.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang komunikasi intrapersonal, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan komunikasi intrapersonal. Kata komunikasi berarti mengirim dan menerima informasi dan kata intrapersonal berarti antar dua orang atau lebih.

Sehingga, komunikasi intrapersonal dapat diartikan sebagai mengirim dan menerima informasi antara dua individu atau lebih melalui pembicaraan langsung atau melalui media komunikasi seperti ponsel dan telepon. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang faktor penghambat komunikasi intrapersonal, sesuai dengan pokok bahasan kali ini.

Setidaknya ada empat faktor utama yang menghambak komunikasi intrapersonal yang akan di bahas. Kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor penghambatnya sebelum memulai untuk membuat latar belakang makalah faktor penghambat intrapersonal.

Faktor Penghambat Intrapersonal

•    Faktor individu yang berasal dari dalam diri seseorang. Faktor individu ini termasuk fisik seseorang yang meliputi kepekaan panca indra, usia, dan faktor fisik lainnya. Selain itu, juga dipengaruhi oleh faktor sosial, yang meliputi intensitas seseorang dalam resosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain, status sosial, peran dalam masyarakat, dan banyak lagi.

•    Faktor interaksi. Faktor interaksi ini juga merupakan faktor yang dapat menjadi penghambat komunikasi intrapersonal. Apa saja yang termasuk dalam faktor interaksi? Hal yang termasuk dalam faktor interaksi antara lain adalah kepentingan dari terjadinya komunikasi intrapersonal, pembawaan diri dari masing-masing individu, sikap saat berinteraksi, dan sejarah hubungan antara dua individu yang sedang berinteraksi.

•    Faktor situasional yang berkaitan dengan lokasi terjadinya interaksi, siapa yang diajak berinteraksi, dan bagaimana keadaan emosional orang yang sedang diajak berkomunikasi. Contoh dalam faktor situasional ini adalah percakapan tentang kesehatan antara dokter dengan pasiennya.

•    Faktor kompetensi interaksi. Faktor kompetensi interaksi ini berkaitan dengan kepekaan terhadap permasalahan yang dibahas, pengetahuan yang bersifat situasional dari pokok bahasan interaksi tersebut.

Setelah kita mengetahui dan memahami dengan detail mengenai apa saja faktor penghambat komunikasi intrapersonal, kita dapat memulai untuk membuat latar belakang dari makalah bertema komunikasi intrapersonal dan dilanjutkan dengan mencari sumber referensi yang valid. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai latar belakang makalah faktor penghambat intrapersonal, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Mengenal Istilah-istilah Medis dan Penggunaannya
Sebelumnya: Membuat Makalah Tentang Perbedaan Nabi dan Rasul
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar