Makalah Kaidah Ilmiah


Makalah Kaidah Ilmiah

Makalah kaidah ilmiah, karya tulis atau laporan tertulis yang harus bisa dipertanggung jawabkan. Penulisannya memiliki kaidah-kaidah khusus yang telah ditetapkan.

Berbeda dengan kebanyakan tulisan lain, apalagi dengan tulisan fiksi berupa novel atau cerpen. Tulisannya harus objektif, sistematis, logis, cermat, dengan bahasa baku sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Kebenarannya pun harus bisa diuji.

Temanya apa saja. Bisa tentang ilmu pengetahuan, agama, teknologi, seni, dan lainnya. Kadang ditulis sendiri, bisa pula bersama tim, lebih dari satu hingga tak terbatas.

Namun berbeda dengan artikel biasa, hasil penulisan biasanya diperoleh dari penelitian atau suatu kajian mendalam.

Misalnya tulisan skripsi, tesis, disertasi. Bisa pula berupa artikel, makalah atau laporan penelitian. Secara sederhana dapat dipahami sebagai karya tulis atau laporan tertulis yang ilmiah, berupa laporan lengkap atau laporan ringkas. Khusus penulisan skripsi, tesis atau disertasi, laporan atau karya ilmiah itu dibutuhkan sebagai satu syarat kelulusan dan memperoleh gelar.

Tulisan tersebut masuk dalam kategori non fiksi. Bukan karangan, apalagi khayalan atau imajinasi. Data yang ditulis harus bisa dipertanggung jawabkan.

Baik data primer dari hasil penelitian maupun data kajian pustaka. Dalam tulisan, minimal mencantumkan judul, ringkasan permasalahan serta pemecahannya, metode, tujuan, hasil atau kesimpulan, serta daftar pustaka atau sumber rujukan. Terkadang dicantumkan profil penulis dan tabel.

Sedangkan jumlah bab tergantung, sesuai hasil dan kebutuhan. Umumnya ada beberapa bab yang berisi pendahuluan, teori, pengumpulan data, analisa, kesimpulan.

Terkadang ada yang menambahkannya dengan saran atau rekomendasi. Inti dari tulisan atau makalah kaidah ilmiah, didasari dari hasil penelitian, kajian, atau pengamatan tentang bidang tertentu. Penulisannya disusun sesuai aturan baku yang berlaku. Tulisan ilmiah memiliki karakter khusus.

Biasanya makalah kaidah ilmiah dilakukan oleh mahasiswa, guru, dosen atau kalangan akademisi lainnya. Bisa juga para peneliti khusus. Baik personal maupun kelompok.

Tulisan ilmiah ini ada yang diterbitkan luas, ada pula khusus kalangan internal. Untuk yang diterbitkan luas, bisa dilihat dari jurnal-jurnal ilmiah nasional dan internasional. Sedangkan, terbitan internal bisa ditemui di perpustakaan kampus atau lembaga.

Dalam makalah kaidah ilmiah, hasil tulisan ilmiah seringkali digunakan sebagai acuan mengembangkan pengetahuan lain. Namun, bisa juga sebagai syarat akademik.

Tergantung tujuannya. Apapun tujuannya, hal yang paling penting, tulisan tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan.

Selanjutnya : Pidato Bahasa Jawa tentang Pendidikan
Sebelumnya: Kumpulan Nama Hewan dan Ciri-cirinya yang Langka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar