Makalah Kasus Korupsi Pajak


Makalah kasus korupsi pajak, sebenarnya sangat banyak dan mudah untuk mencari contohnya. Kasus pajak di Indonesia memang cukup membuat miris. Dimana seorang pegawai pajak menyelewengkan dana pajak sampai bermiliaran rupiah.

Dengan adanya kasus pajak dan berbagai korupsi lainnya, seakan rakyat sudah tidak mempercayai pajak lagi. Padahal pajak adalah sumber pendapatan Negara.

Fungsi Pajak

Kekuatan keuangan Negara berasal dari pajak rakyat, pajak tersebut digunakan untuk pembangunan Negara ini. Fungsi pajak tidak hanya pada satu fokus saja yaitu pembangunan, namun intinya pada keperluan Negara. Baik itu pembayaran gaji pegawai negeri, dan lainnya.

Hubungan pajak Negara sangat erat, suatu Negara tidak bisa berdiri kokoh tanpa pajak dari rakyatnya. Karena pajak adalah sumber pendapatan Negara, maka dari itu sebagai rakyat yang memiliki kriteria wajib pajak, harus membayar pajak tepat waktu, kapan harus membayar pajak?

Ada beberapa kriteria yaitu untuk pajak pendapatan, jika penghasilan selama setahun di bawah 12 juta. Maka Anda wajib untuk membayar pajak. Lain lagi dengan pajak bumi dan bangunan yang dibayarkan setiap setahun sekali. Pajak kendaraan bermotor yang juga dibayarkan setiap setahun sekali. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa datang ke kantor pajak setempat.

Kasus Gayus tambunan sebagai pencuri uang rakyat melalui dirjen pajak sangat memukul rakyat. Sehingga banyak dari mereka yang kini enggan untuk menbayar pajak. Baik itu pajak bangunan maupun lainya. Karena mereka takut kalau nanti uangnya juga akan di selewengkan. Suatu hal yang masuk akal sebenarnya.

Jika Anda mengetikan di mesin pencari pada dunia maya, Anda akan disuguhi banyak sekali website mengulas tentang kasus penyelewengan pajak di Indonesia ini. Kasus korupsi di negeri ini memang sangat miris. Bahkan konon Indonesia masuk dalam daftar 10 negara terkorup di seluruh dunia.

Demikianlah pembahasan yang dapat Anda tuangkan dalam makalah kasus korupsi pajak. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda untuk meneliti kasus penyelewengan dana di Indonesia dengan lebih baik lagi.

Selanjutnya : Contoh Skripsi Bahasa Inggris tentang Sastra
Sebelumnya: Latar Belakang Sejarah Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar