Makalah Kasus Malpraktek yang Terjadi di Sulawesi Tenggara


Apakah Anda sedang menyusun makalah kasus malpraktek yang terjadi di Sulawesi Tenggara? Bila iya, maka Anda harus memiliki data yang sangat lengkap dari berbagai sumber, sehingga makalah tentang kasus malpraktek ini bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi, kasus malpraktek ini termasuk kasus yang sensitif yang bisa menyangkut nama baik instansi-instansi tertentu. Jadi, Anda pun harus berhati-hati dalam penulisan makalah ini.

Dalam makalah ini sebaiknya penulis juga menyertakan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan malpraktek, apa tanda atau batasan-batasan tertentu, sehingga suatu kasus bisa dianggap sebagai malpraktek, serta contoh kasus malpraktek yang pernah terjadi di Sulawesi Tenggara. Sementara untuk penulisan makalah, Anda bisa simak contoh sederhana di bawah ini mengenai susunan makalah malpraktek.

Bab I Pendahuluan

Pendahuluan harus terdiri dari latar belakang makalah, rumusan masalah, serta tujuan penulisan. Contohnya bisa diperhatikan di bawah ini.

• Latar belakang

Dalam dunia kesehatan, kegagalan yang terjadi dalam penanganan medis kerap dituding sebagai kasus malpraktek. Isu-isu malpraktek ini pun berkembang sebagai hasil dari ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Padahal, kegagalan yang mungkin terjadi di dalam proses penanganan medis tidak selalu berkaitan dengan kelalaian atau kesalahan tim medis itu sendiri, baik dari pihak dokter maupun perawat.

• Rumusan masalah

1. Apa yang dimaksud malpraktek?
2. Seperti apa contoh kasus malpraktek di Sulawesi Tenggara?

• Tujuan makalah

1. Mengetahui definisi malpraktek.
2. Mengetahui kasus malpraktek di Sulawesi Tenggara.

Bab II Isi

Contoh pembahasan tentang makalah malpraktek.

1. Definisi Malpraktek

Secara harfiah, malpraktek diartikan sebagai tindakan atau perbuatan yang salah. Dalam dunia kesehatan, malpraktek berarti adalah tindakan salah yang dilakukan oleh dokter atau perawat terhadap pasien, sehingga menyebabkan terjadinya kegagalan penanganan medis.

Bab III Tujuan

Dari seluruh pembahasan tentang kasus malpraktek yang sudah ditulis, penulis makalah harus mampu merangkum dan membuat kesimpulan untuk bab penutup. Poin-poin penting tentang pengertian malpraktek serta contoh-contoh kasus harus disebutkan dalam kesimpulan di bab terakhir ini.

Begitulah cara menyusun makalah kasus malpraktek yang terjadi di Sulawesi Tenggara. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang tengah menyusun makalah tentang malpraktek.

Selanjutnya : Apa Penyebab Bengkak Kelenjar Dibelakang Telinga
Sebelumnya: Modul Pengumpulan Informasi Penulisan Karya Ilmiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar