Makalah Kebudayaan Indonesia


Makalah kebudayaan Indonesia adalah suatu karya tulis yang mengulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia. Entah itu menelaah kebudayaan Indonesia secara mendalam atau mengulas kebudayaan Indonesia mana saja yang telah dicuri oleh negara tetangga.

Ya, Malaysia memang kerap kali mengklaim berbagai budaya Indonesia menjadi budaya Malaysia. Biasanya mereka memakai alasan bahwa budaya Melayu adalah milik bersama.

Lucunya mereka juga pernah menggunakan lagu Rasa Sayange asal Ambon atau Indonesia bagian Timur sebagai iklan pariwisata mereka. Padahal jelas bahwa ras Ambon adalah bukan ras Melayu tetapi ras Melanesia.

Definisi Kebudayaan

Definisi dari kebudayaan sendiri adalah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan atau pedoman terhadap perilakunya.

Maka kebudayaan adalah serangkaian aturan, petunjuk, rencana, dan strategi yang terdiri dari serangkaian model-model kognitif yang dimiliki oleh manusia dan dipakai secara selektif dalam menghadapi lingkungannya, sebagaimana diterapkan dalam perilaku dan tindakan.

Kebudayaan nasional Indonesia pada masa lalu digambarkan sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah yang terdapat di seluruh Indonesia. Tetapi kemudian kebudayaan nasional perlu diisi dengan nilai-nilai dan norma-norma nasional sebagai petunjuk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara antarseluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai yang tercakup dalam kebudayaan nasional ini adalah menjada kedaulatan negara dan integditas teritorial yang menyiratkan kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air, sehingga dapat menjaga kelestariannya. Dengan demikian dapat menerapkan nilai-nilai kebersamaan, saling mencintai, saling menghormati, dan saling tolong-menolong terhadap sesama demi menjaga kedaulatan dan martabat bangsa.

Ide mengenai kebudayaan nasional Indonesia yang berkaitan dengan identitas dan kesadaran sebagai satu bangsa sudah dibangun sejak bangsa ini belum merdeka. Pada tahun 1925, Perhimpunan Indonesia telah menanamkan kesadaran mengenai identitas Indonesia dalam Manifesto Politiknya. P

enanaman tersebut dikemukakan dalam tiga hakekat, yaitu kedaulatan rakyat, kemandirian, dan persatuan Indonesia. Dan diperkuat kembali dalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Demikianlah ulasan mengenai makalah kebudayaan Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dalam mempelajari kebudayaan Indonesia yang luhur ini.

Selanjutnya : Ragam Harga Murai Batu Bakalan
Sebelumnya: Memahami Ciri-ciri Anak Autis Usia 2 Tahun ke Bawah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar