Makalah Kebudayaan Islam


Makalah kebudayaan Islam adalah salah satu jenis makalah yang bisa menambah wawasan kita mengenai dunia agama. Dalam makalah ini penulis harus bisa menjelaskan definisi budaya atau kebudayaan, maupun kebudayaan Islam yang menjadi inti dari pembahasan makalah.

Makalah sendiri adalah karya tulis yang memiliki susunan tahapan yang harus diikuti si penulis. Makalah selalu memiliki tiga bab utama, yaitu pendahuluan, isi atau pembahasan, serta penutup yang berisi kesimpulan. Untuk contoh penulisannya, simak ulasan singkat di bawah ini.

Bab I Pendahuluan

Bab pembuka makalah budaya Islam ini mengandung tiga poin penting, yaitu latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan pembuatan makalah. Contoh penulisan bagian-bagian dalam bab pendahuluan.

• Latar belakang

Budaya bisa didefinisikan sebagai hasil dari tindakan atau usaha yang didasarkan pada pendapat maupun pemikiran manusia. Kebudayaan berarti segala sesuatu yang berkaitan erat dengan perilaku manusia dalam menjalankan kehidupan.…

• Rumusan masalah

1. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Islam?
2. Bagaimana sejarah kebudayaan Islam?
3. Bagaimana perkembangan kebudayaan Islam di zaman modern?

• Tujuan penulisan

1. Mengetahui pengertian kebudayaan Islam.
2. Mengetahui sejarah kebudayaan Islam.
3. Mengetahui perkembangan kebudayaan Islam di zaman modern.

Bab II Isi

Pembahasan makalah tentang budaya Islam ini harus mengacu pada rumusan masalah yang ada. Contoh penulisan pembahasan kebudayaan Islam.

1. Pengertian Kebudayaan Islam

Budaya berasa dari kata ‘budi’ yang berarti akal dan kata ‘daya’ yang memiliki arti suatu hasil karya manusia. Maka, budaya atau kebudayaan dapat didefinisikan sebagai hasil karya manusia yang didasarkan pada akal atau pemikiran dari manusia itu sendiri. Sedangkan kebudayaan Islam berarti segala hasil karya manusia yang didasarkan pemikiran yang masih memperhatikan dan mematuhi nilai-nilai agama Islam…

Bab III Penutup

Bab terakhir ini berisi kesimpulan tentang pembahasan kebudayaan Islam, mulai dari pengertian kebudayaan Islam itu sendiri sampai pada perkembangan budaya Islam di masa kini.

Demikian contoh penyusunan makalah kebudayaan Islam yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan Anda tentang cara pembuatan makalah tentang kebudayaan Islam. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Harga Saham
Sebelumnya: Daftar Penulis Novel Best Seller Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar