Makalah Kegiatan Ekonomi dan Pelakunya


Sebelum kita bahas makalah kegiatan ekonomi dan pelakunya, ada baiknya kita mengetahui dahulu apakah makalah itu. Pengertian makalah ialah jenis karya tulis yang isinya pembahasan suatu tema. Biasanya, makalah ini salah satu syarat untuk bisa menyelesaikan tugas kuliah.

Makalah bisa kita buat dari kajian pustaka ataupun hasil penelitian dari suatu kegiatan. Adapun bagian-bagian makalah yang harus kita cantumkan terdiri dari latar belakang, tujuan makalah, manfaat makalah, rumusan masalah, sistematika penulisan, pembahasan, dan penutup.

Aktivitas Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang terdiri mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi. Pelaku kegiatan ekonomi terdiri dari produsen, konsumen, dan distributor. Kegiatan produksi adalah kegiatan untuk membuat suatu benda, sehingga bisa menghasilkan barang baru yang lebih mempunyai hasil guna yang lebih baik. Pelaku ekonomi di sini adalah produsen.

Adapun untuk pembagian kegiatan produksi ini terbagi menjadi dua, yaitu produksi barang dan produksi jasa. Produksi barang ialah suatu kegiatan menambah guna suatu barang dengan merubah sifat dan bentuknya yang terdiri dari barang konsumsi dan barang modal. Hasilnya barang konsumsi segera bisa dinikmati masyarakat, sedangkan barang modal digunakan sebagai modal untuk bisa membuat barang barunya.

Produksi jasa ialah suatu usaha untuk meningkatkan fungsi benda tanpa harus mengubah fisiknya yang terdiri dari jasa langsung, misalnya dokter dan jasa yang tidak bisa langsung didapatkan manfaatnya secara langsung, misalnya pergudangan. Fungsi produksi yaitu menghasilkan suatu barang untuk masyarakat, memberikan keuntungan lebih, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Distribusi Barang dan Jasa

Kegiatan distribusi ialah menyalurkan barang yang sudah jadi ataupun jasa dari produsen ke konsumen. Distributor sebagai pelaku ekonomi harus berperan aktif agar barang hasil produksi tersebut bisa lebih cepat diterima oleh masyarakat.

Fungsinya adalah agar distribusi barang dari produsen ke konsumen bisa lebih mudah dan sampainya barang atau jasa tersebut bisa langsung ke tangan pemakai. Konsumsi yaitu menghabiskan nilai guna suatu barang perlahan-lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. Fungsi konsumsi ialah agar kelangsungan hidup masyarakat bisa terpenuhi.

Dari uraian di atas, sekarang kita bisa membuat makalah kegiatan ekonomi dan pelakunya jadi lebih mudah. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan bagian-bagian makalah yang hendak dibuat. Sehingga, kita bisa membuat makalah yang bermanfaat tidak hanya untuk diri kita, tapi juga untuk masyarakat.

Selanjutnya : Misteri Kampung Jin, Apakah Benar Ada?
Sebelumnya: Makalah adalah Karya Ilmiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar