Makalah Kelembagaan Sosial Masyarakat terhadap Bidang Peternakan


Berikut ini akan kita berikan contoh makalah kelembagaan sosial masyarakat terhadap bidang peternakan.

BAB 1 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Sebuah institusi atau lembaga pranata sosial atau lembaga kemasyarakatan memiliki fungsi sebagai serangkain pola atau norma mantap guna untuk memenuhi suatu kebutuhan khusus, misalnya saja bidang peternakan.

Untuk mengetahui bidang apa saja yang terkait dengan lembaga sosial kemasyarakatan beserta fungsi lembaga itu sendiri bagi masyarakat luas terutama di bidang peternakan. Dan dilihat dari kondisi sekarang ini, memang sepertinya suatu lembaga sosial kemasyarakatan memang dibutuhkan demi memperkuat kegotongroyongan, musyawarah dan menghindari para masyarakat utamanya para peternak dari kerugian dan gagal dalam menekuni bidang peternakan.

Dan fungsi dari lembaga sosial kemasyarakatan ini adalah untuk memberikan pedoman kepada masyarakat menyangkut kebutuhan masyarakat, menjaga keutuhan masyarakat, dan memberikan kendali sosial. Kebutuhan masyarakat tersebut bisa saja mengenai suatu bidang peternakan, pertanian, atau keterampilan (PKK)

B.    Rumusan Masalah

1.    Apa itu lembaga sosial masyarakat?

2.    Apa tujuan pembuatan makalah kelembagaan sosial masyarakat terhadap bidang peternakan?

3.    Apa fungsi lembaga sosial kemasyarakatan terhadap bidang peternakan?

C.    Tujuan

1.    Untuk mengetahui apa itu lembaga sosial kemasyarakatan

2.    Untuk mengetahui tujuan lembaga kemasyarakatan dan bidang yang terkait dengan lembaga kemasyarakatan

3.    Untuk mengetahui fungsi lembaga sosial kemasyarakatan terhadap bidang peternakan.

BAB II PEMBAHASAN

A.    Pengertian Lembaga Sosial Kemasyarakatan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa lembaga kemasyarakatan ini berfungsi sebagai pranata sosial yang menjadi pemberi serangkaian pola terutama dalam bidang peternakan sebagai pola mantap guna. Selain itu lembaga sosial berfungsi sebagai pengamat atas segala bidang kemasyarakatan.

B.    Tujuan Lembaga Sosial Kemasyarakatan

Tujuan dari dibuatnya suatu lembaga sosial kemasyarakatan adalah sebagai lembaga yang penuh dengan sifat kegotong royongan, berbagi pengetahuan mengenai bidang yang ditekuni, dan kesadaran untuk membangun. Untuk itulah makalah ini dibuat supaya bisa membantu pembaca agar lebih mengenal dan tahu betapa pentingnya lembaga sosial masyarakat.

C.    Fungsi Lembaga Sosial Masyarakat terhadap Bidang Peternakan

Fungsinya sudah jelas bahwa suatu lembaga dibuat oleh segelintir orang atau beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama. Dengan begitu, tujuan yang diinginka tercapai. Misalnya suatu lembaga sosial masyarakat ingin mewujudkan masyarakat yang sadar bisnis peternakan. maka lembaga sosial merancang atau mengatur satu pola beternak yang baik bagi masyarakat. Mungkin lebih tepatnya lembaga sosial masyarakat memberikan banyak penyuluhan dalam bidang kemasyarakatan, misalnya bidang peternakan.

BAB III PENUTUP

Jadi, makalah lembaga sosial masyarakat terhadap bidang peternakan berisi tujuan dan fungsi lembaga masyarakat dan peningkatan SDM dan kesadaran masyarakat.

Selanjutnya : Makalah Komunikasi Bisnis
Sebelumnya: Alat Musik Tradisional yang Tidak Dimiliki Negara Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar