Makalah Komunikasi Personal dan Komunikasi Interpersonal


Bagaimana  isi makalah komunikasi personal? Komunikasi merupakan suatu proses dalam menciptakan dan menggunakan informasi yang menghubungkan lingkungan atau orang lain kepada seseorang atau beberapa orang (kelompok). Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia, karena terdapat penyampaian suatu pesan, ide, dan gagasan dari satu pihak ke pihak lain, baik secara personal maupun interpersonal.

Pemberi atau penerima informasi memiliki dua kategori dalam berkomunikasi, yaitu komunikasi personal dan komunikasi interpersonal. Seperti yang dijelaskan di beberapa tulisan atau makalah komunikasi personal dan komunikasi interpersonal, bahwa kedua jenis tersebut sangat berperanan  penting dalam tatanan komunikasi.

Komunikasi Personal

Komunikasi personal atau komunikasi pribadi merupakan komunikasi seputar diri sendiri. Biasanya, komunikasi jenis ini dilakukan ketika sedang melakukan perenungan, perencanaan, dan penilaian pada diri kita sendiri. Hal tersebut membentuk landasan-landasan bagi tanggapan, motivasi, dan komunikasi kita dengan orang-orang atau beberapa faktor yang ada di dalam lingkungan.

Selain itu, komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih disebut dengan komunikasi antarpribadi atau komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang berlangsung dalam situasi berhadap-hadapan antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun tidak. Komunikasi ini menunjukkan sikap dan cara seseorang dalam berkomunikasi.

Dalam komunikasi interpersonal ini, komunikasi terjadi dalam suatu dialog. Dialog merupakan suatu bentuk komunikasi yang menunjukkan terjadinya interaksi antara satu dengan yang lainnya.

Dari komunikasi seperti ini, individu akan mendapatkan pengertian bersama dan rasa empati sebagai akibat dari saling menghargai antarsesama. Akan tetapi, komunikasi interpersonal ini sering menimbulkan terjadinya suatu kesalahpahaman dalam berkomunikasi karena adanya perbedaan pendapat atau ketidaknyamanan situasi, sehingga sering terjadinya konflik antara sesama.

Dari beberapa jenis makalah komunikasi personal dan komunikasi interpersonal. Di antaranya menjelaskan pentingnya komunikasi terutama komunikasi interpersonal yang diperlukan oleh manusia agar dapat menjalankan setiap aktivitasnya dengan lancar.

Dalam komunikasi secara formal, setiap individu membutuhkan kemampuan dan keahlian dalam berkomunikasi. Orang yang mempunyai keahlian komunikasi akan mengutarakan sesuatu dengan efektif. Komunikasi yang efektif tentunya ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik.

Selanjutnya : Bahaya Film Kartun – Cerita Naruto
Sebelumnya: Selamatkan Generasi Muda Dari Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Pelajar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar