Makalah Metode Jibril


Makalah metode jibril merupakan suatu makalah yang isinya membahas tentang salah satu metode dalam pembelajaran Al Quran. Karena isi dari makalah ini berkaitan dengan pengetahuan tentang bagaimana cara membaca Al Quran, maka makalah ini perlu dibuat demi kepentingan agama.

Proses pembuatan makalah tentang metode jibril ini tidaklah terlalu susah. Anda hanya harus membekali diri dengan pengetahuan seputar metode belajar Al Quran sekaligus mengerti tentang langkah-langkah menyusun makalah dengan baik dan benar. Di bawah ini akan diuraikan secara singkat mengenai tiga bab utama dalam makalah yang membahas metode jibril ini.

Bab I Pendahuluan

Pendahuluan terdiri atas latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah metode jibril. Contoh:

• Latar belakang

Belajar membaca kitab suci Al Quran adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam. Dalam proses belajar Al Quran, dikenal bermacam-macam metode untuk memudahkan siapapun membaca serta memahami isi Al Quran, salah satu metode tersebut adalah metode jibril..…

Rumusan masalah

  1. Apa yang dimaksud dengan metode jibril?
  2. Apa saja macam-macam metode pembelajaran Al Quran?
  3. Apa kelebihan dan kekurangan metode jibril dibanding metode pembelajaran yang lain?

• Tujuan penulisan makalah

  1. Mengetahui pengertian metode jibril.
  2. Mengetahui macam-macam metode pembelajaran Al Quran.
  3. Mengetahui kelebihan dan kekurangan metode jibril dibanding metode pembelajaran yang lain.

Bab II Isi

Bab ini berisi pembahasan tentang metode jibril serta penjelasan metode-metode pembelajaran lainnya. Salah satu contoh pembahasannya adalah sebagai berikut.

1. Pengertian Metode Jibril

Metode jibril adalah salah satu metode pembelajaran yang dicetus oleh KH. M. Bashori Alwi. Metode ini diterapkan di Pesantren Ilmu Al Quran (PIQ) Singosari Malang. Metode ini dinamakan metode jibril karena mengacu pada peristiwa malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Pada peristiwa itu, Nabi Muhammad diwajibkan mengikuti bacaan Al Quran dari malaikat jibril. Maka, metode ini pun menerapkan hal serupa, yaitu pengajar akan membacakan suatu ayat, lalu ditirukan oleh siswa atau siapapun yang belajar Al Quran.

Bab III Penutup

Bab ini berisi kesimpulan tentang metode jibril maupun metode lainnya yang menjadi bahasan dari isi makalah.

Demikian cara menyusun makalah metode jibril yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Makalah Membaca Sastra Bahasa Jawa
Sebelumnya: Metode dan Jadwal Pemupukan Kelapa Sawit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar