Contoh Makalah Pancasila dan Permasalahannya


Membuat makalah tentu tak bisa dihindari oleh pelajar manapun, dan salah satu bahasan menarik yang kerap dituangkan dalam makalah adalah Pancasila.

Apalagi saat ini kasus-kasus SARA atau yang berkaitan dengan HAM masih marak di Indonesia. Bila Anda bingung bagaimana menyusun makalah Pancasila dan permasalahannya, Anda bisa menyimak contohnya di sini.

Bab Pendahuluan

Bab awal dari setiap makalah ini berisi tentang latar belakang dan rumusan atau batasan masalah yang ingin dibahas. Karena Anda ingin membuat makalah tentang Pancasila, maka jelaskan dahulu apa yang dimaksud Pancasila, fungsi, serta kaitannya dengan masalah-masalah yang timbul sesudahnya.

Contoh:

Pancasila merupakan ideologi dasar dari negara Republik Indonesia. Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa yang ber-Ketuhanan Maha Esa, menjunjung tinggi kemanusiaan, keadilan, persatuan dan kesatuan, serta mengandung prinsip sistem demokrasi melalui kebijakan musyawarah mufakat.

Sayangnya, kini Pancasila mulai tak dianggap lagi sebagai pandangan hidup. Adanya ancaman perpecahan dan hilangnya toleransi beragama merupakan salah satu bukti nyata bahwa Pancasila tak lagi dipandang sebagi ideologi dasar negara.

Itu adalah contoh kecil menulis latar belakang dalam makalah Pancasila. Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai permasalahan yang ingin diangkat. Sementara untuk rumusan masalah, Anda bisa mengangkat tema SARA atau HAM yang kasusnya masih banyak diperdebatkan.

Bab Isi

Pembahasan yang ditulis dalam bab ini harus benar-benar jelas dan sesuai dengan data-data yang ada.

Contoh:

2.1. Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA)

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan penduduk yang majemuk dalam hal Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA). Perbedaan-perbedaan ini sangat berpotensi untuk memicu adanya konflik, baik sengaja maupun tidak disengaja.

Konflik ini biasanya muncul karena kehendak seseorang atau golongan untuk mempertahankan identitas mereka di tengah gempuran budaya luar.

Dari contoh di atas, Anda bis mengembangkannya dengan contoh-contoh kasus akibat isu SARA yang pernah terjadi di Indonesia.

Bab Penutup

Tuliskan kesimpulan pada bab terakhir ini. Anda bisa menyimpulkan tentang bagaimana seharusnya masyarakat Indonesia berperilaku sesuai dengan Pancasila, serta bagaimana menghindari permasalahan-permasalahan seperti kasus SARA dan HAM agar tidak terjadi.

Itulah contoh penulisan makalah Pancasila dan permasalahannya. Moga-moga hal ini bisa bermanfaat dan makalah Anda bisa segera diselesaikan tanpa kendala apapun.

Selanjutnya : Contoh Surat Permohonan Ijin pakai Fasilitas Umum
Sebelumnya: Contoh Surat Perintah Produksi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar