Membuat Makalah Pemikiran Filsafat Imam Ghazali


Tahukah Anda tentang makalah pemikiran filsafat Imam Ghazali? Makalah ini berisi tentang seluruh pemikiran-pemikiran dari seorang tokoh intelektual muslim bernama Al-Ghazali. Lalu, bagaimana cara menyusun karya tulis ini? Caranya bisa dilihat pada contoh susunan makalah yang akan diuraikan secara singkat di bawah ini.

A. Cover

Cover ini harus terdiri dari judul dan identitas lengkap dari si penulis makalah.

B. Kata pengantar

Berupa ungkapan syukur penulis, gambaran singkat tentang proses penulisan makalah, serta harapan-harapan penulis terkait makalah tentang Imam Ghazali yang ia buat.

C. Daftar isi

Merupakan daftar halaman dari seluruh isi makalah yang sengaja dibuat agar pembaca mudah untuk mencari bagian-bagian tertentu yang ingin ia baca.

D. Bab I

Bab pendahuluan ini berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan dari makalah yang membahas mengenai pemikiran Imam Ghazali tersebut. Contoh:

• Latar belakang

Seiring dengan perkembangan zaman, maka pemikiran manusia juga ikut berkembang, tak terkecuali dengan filsafat Islam. Bicara tentang pemikiran filsafat Islam, tak akan lepas dari tokoh intelektual muslim yang sudah dikenal oleh seluruh umat Islam, dia adalah Al Ghazali atau Imam Ghazali.

• Rumusan masalah

1. Siapakah Imam Ghazali?
2. Bagaimana riwayat hidup Imam Ghazali?
3. Bagaimana pemikiran filsafat Islam Imam Ghazali?

• Tujuan makalah

1. Mengetahui profil Imam Ghazali.
2. Mengetahui riwayat hidup Imam Ghazali.
3. Mengetahui pemikiran filsafat Islam Imam Ghazali.

E. Bab II

Berisi pembahasan lengkap mengenai Imam Ghazali, mulai dari profil atau biografinya hingga contoh-contoh pemikiran filsafat Islam menurut Imam Ghazali. Contoh:

1. Profil Imam Ghazali

Al-Ghazali atau yang sering disebut dengan Imam Ghazali adalah seorang tokoh dalam dunia Islam yang memiliki nama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali. Beliau lahir pada tahun 450 H atau 1058 M di Thus. Menginjak usia sekitar 53 tahun, Imam Ghazali wafat di Thus pada tahun 505 H atau 1111 M.

F. Bab III

Bab penutup diisi dengan kesimpulan dari seluruh pembahasan makalah Imam Ghazali ini.

G. Daftar pustaka

Berupa daftar referensi yang digunakan penulis untuk mendukung data-data Imam Ghazali yang dituangkan dalam makalah.

Demikian susunan dari makalah pemikiran filsafat Imam Ghazali. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Isi Kamut Sahabat Hari Ini
Sebelumnya: Penyebab Sakit Bagian Dada
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar