Pentingnya Makalah Pengambilan Keputusan dalam Sebuah Kantor


Bagaimana membuat makalah pengambilan keputusan dalam sebuah kantor?

Seorang pemimpin di perusahaan atau kantor memegang kendali dalam pengelolaan, tetapi tetap berpegang pada musyawarah dan mufakat. Hal ini sangat penting sebab salah dalam pengambilan keputusan, akan memberikan dampak yang luas bagi perusahaan. Oleh karena itu lah, pada saat pengambilan keputusan, seorang pimpinan harus memahami hal-hal mengenai rapat pengambilan keputusan. Makalah pengambilan keputusan dalam sebuah kantor merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan.

Makalah Kepemimpinan dan Pemimpin

Ketepatan seorang pimpinan dalam memutuskan pengambilan keputusan sangat berpengaruh terhadap masa depan perusahaan. Jika pimpinan mempunyai insting bagus setiap kali mengambil keputusan, perkembangan perusahaan dapat semakin pesat. Oleh karena itu, seorang pimpinan perusahaan harus peka terhadap setiap kondisi yang ada di perusahaan atau kantornya. Tingkat kepekaan pimpinan ini harus dilatih sehingga selalu tanggap terhadap setiap kondisi yang ada di perusahaannya.

Memang, mengambil keputusan dibutuhkan sebuah keterampilan khusus. Tidak semua orang dapat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan. Seringkali kita mendapati kenyatan bahwa banyak keputusan yang tidak sesuai sehingga tidak mendukung langkah dan program perusahaan. Dan, sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus selalu melatih diri agar mampu menentukan kebijakan mengambil keputusan.

Setidaknya, Anda dapat mengetahui secara pasti hal-hal yang harus diperhatikan pada saat mengambil keputusan. Hal-hal yang harus diperhatikan ini akan melatih kepekaan seorang pimpinan dalam pengambilan keputusan.

Hak Pemimpin

Seorang pimpinan kantor mempunyai hak prerogative dalam pengambilan keputusan terkait dengan kebijakan kantor. Tetapi hak ini sebaiknya tidak dijadikan sebagai alat untuk menjadi diktator dalam kantor. Diktator merupakan pola kepemimpinan yang dinilai lebih banyak memiliki sisi negatif daripada positif, sehingga usahakan jangan sampai diterapkan di kantor Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus selalu melakukan evaluasi dan revisi terhadap pola kepemimpinan. Saat sekarang ini, gaya kepemimpinan yang mengedepankan kekuasaan pribadi sudah tidak sesuai. Sekarang ini, pola kepemimpinan telah mengarah pada demokrasi sehingga setiap warga kantor mempunyai hak yang sama dalam menentukan keputusan. Hak tersebut adalah hak untuk mengutarakan pendapat. Meskipun demikian, setelah melakukan evaluasi dan analisis terhadap setiap usulan, pengambilan keputusan tetap ada di pimpinan. Dan, selanjutnya pimpinan mengambil keputusan yang mengarah pada visi dan misi perusahaan yang senada dengan berbagai usulan.

Makalah pengambilan keputusan dalam sebuah kantor, dibutuhkan sebagai tambahan pengetahuan konsep bagi pimpinan kantor atau perusahaan sehingga tidak salah pada saat mengambil keputusan final di kantornya. Semoga dapat mencapai kondisi terbaik bagi seluruh komponen yang ada di dalam kantor tersebut. Seorang pimpinan yang mengetahui konsep dasar pengambilan keputusan pasti dapat menjadi pimpinan yang terbaik bagi semuanya.

Selanjutnya : Makalah Gelombang Elektromagnetik Fisika
Sebelumnya: Fungsi Komunikasi Dalam Kehidupan Masyarakat Luas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar