Makalah Peranan NU Setelah Kemerdekaan Partai Politik


Untuk membuat sebuah makalah tentang peranan NU setelah kemerdekaan partai politik diperlukan beberapa tahapan. Tahapan-tahapan itu akan diurai satu persatu mengikuti susunan yang lazim pada sebuah makalah. Tahapan ini berguna untuk mempermudah pembuatan makalah dengan tema tersebut. Sebagaimana layaknya sebuah makalah pada umumnya maka makalah ini terbagi atas tiga bab, yaitu:

Bab I Pendahuluan

Bab ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga bagian yaitu:

  • Latar Belakang. Pada sub bab latar belakang ini dijelaskan bisa dijelaskan secara singkat  entang Nahdahatul Ulama (NU) baik itu sejarah berdirinya, para tokohnya serta perkembangannya dari zaman ke zaman. Hal ini sebagai pembuka sebelum masuk ke inti permasalahan yaitu membahas peranan NU setelah kemerdekaan partai politik.
  • Rumusan Masalah. Pada sub bab ini mulai dikemukakan masalah apa yang akan diangkat. Di bagian ini biasanya dibuat dalam bentuk pertanyaan. Misalnya “Apa saja peranan NU setelah kemerdekaan partai politik?”
  • Tujuan Penulisan. Sub bab ini biasanya sangat terkait dengan sub bab sebelumnya. Jika di sub bab rumusan masalah berbentuk pertanyaan maka di sub bab berbentuk jawaban dari semua pertanyaan tersebut. Contoh “Mendeskripsikan peranan NU setelah kemerdekaan partai politik.”

Bab II Pokok Pembahasan

Bab ini merupakan inti dari sebuah makalah. Di bab inilah pembahasan akan tema maupun judul peranan NU dalam kemerdekaan partai politik dibahas secara lebih terperinci. Di bab ini pulalah semua pertanyaan yang diangkat pada bab sebelumnya akan dijabarkan satu persatu.

Bab III Penutup

Pada bab ini biasanya terbagi menjadi dua yaitu:

  • Kesimpulan. Kesimpulan umumnya berisi  intisari atau hal-hal penting yang diambil   dari makalah yang telah dibuat. Makalah yang panjang dibuat lebih padat namun mencakup semua pembahasan yang telah disampaikan.
  • Saran-Saran. Bagian terakhir yang berupa saran-saran umumnya  berisi pendapat penulis yang diutarakan untuk perbaikan ke depan. Saran-saran ini biasanya diambil setelah melihat adanya kelemahan maupun celah dari makalah yang telah dibuat.

Itulah beberapa tahapan dalam menyusun makalah tentang peranan NU setelah kemerdekaan partai politik secara rinci. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Penjelasan dan Beberapa Pendapat tentang Pengertian Negara oleh Para Ahli dan Negarawan
Sebelumnya: Mengetahui Materi Macam-macam Desain dalam Proses Software
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar