Makalah Permainan Olahraga Tradisional Tentang Bentengan


Suatu hari saya mendapat tugas untuk membuat makalah permainan olahraga tradisional. Akhirnya saya memilih “bentengan” sebagai makalah yang akan saya buat tersebut. Permainan ini namanya bentengan, yaitu suatu permainan olahraga tradisional yang sering dilakukan waktu kecil sampai mengijak remaja. Permainan ini harus terus dijaga supaya tidak hilang.

Permainan ini mengajarkan supaya pemainnya itu harus bisa kompak, mengatur strategi, kerja sama, dan juga  ketangkasan. Dengan demikian, permainan ini juga selain mengolah fisik, juga dapat mengembangkan potensi emosi (mental) supaya menjadi lebih baik lagi dan menjadikan otak untuk lebih kreatif.

Olahraga Permainan tradisional (bentengan) ini semakin asyik apabila pemainnya dalam jumlah yang banyak, minimal delapan orang yang dibagi menjadi 2 kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari empat orang). Tiap-tiap regu membuat markas dengan cara menjadikan suatu barang atau tempat yang dijadikan pijakannya, seperti dari batang pohon, tiang bambu/besi, bahkan sepatu/sandal pun dapat dijadikan sebagai markasnya (benteng).

Setiap regu harus menjaga markasnya supaya tidak diambil musuh (lawan), dan menjaga anggota regunya supaya tidak ditangkap lawan. Fungsi benteng ini bukan hanya sebagai markas, tetapi berguna juga untuk memperbaharui power pemain supaya bisa mengenai dan menyandera musuh yang sudah lama berada diluar markasnya. Pemain yang bisa menyentuh musuh sebelum musuh itu memegang bentengnya, maka musuh tersebut menjadi tawanannya dan akan berdiri di dekat benteng.

Strategi yang digunakan untuk menangkap lawan adalah biarkan dulu mush tersebut keluar dari bentengnya dan lari mendekat kita. Kemudian kejarlah dari markas kita untuk menyentuh lawan itu, diusahakan semua pemain dapat berlari kencang. Kalau musuh sudah tersentuh/tertangkap, segera kembali ke benteng untuk memulihkan kekuatan.

Dalam permainan ini, apabila ada anggota regu dalam kelompoknya tertawan atau ditangkap, maka anggota lainnya dapat membantu dalam proses pembebasan, yaitu dengan cara menyentuh teman segrupnya pada anggota badannya dan harus langsung lari secepatnya, karena kalau tidak akan tertangkap lagi.

Permainan ini sangat terkenal dan menjadi favorit pada zaman dulu, sedangkan untuk saat sekarang, anak-anak jarang atau bahkan tidak tahu permainan tradisional ini. Mereka lebih senang main internet, game online, PS, dan lain sebagainya. Membaca makalah permainan olahraga bentengan ini bisa menjadi salah satu cara bernostalgia ke masa lalu.

Selanjutnya : Belum Ada Manual Book Canon 1000D Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Cara Berbisnis Butik Baju Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar