Makalah Persamaan Hukum Bernoulli


Persamaan bernoulli merupakan prinsip ilmu yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik dalam aliran yang tertutup, ternyata memiliki kesamaan dengan jumlah energi pada titik lain di jalur aliran yang sama. Berikut ini adalah contoh penerapan makalah persamaan bernoulli.

Latar Belakang Masalah

Untuk mengetahui bagaimana sistem kerja hukum bernoulli, bagaimana prinsip hukum bernoulli, bisa dipakai dalam berbagai penerapan kerja dalam kehidupan sehari-hari.

Rumusan Masalah

Hukum bernoulli adalah hukum persamaan dasar dalam hidrodinamika yang dapat dipakai untuk mengetahui gejala dari sifat fisis air yang mengalir.

Tujuan Penelitian

• Untuk mengetahui adanya gejala fisis dalan hubungannya dengan aliran air, gejala yang menunjukkan adanya gerakan zat alir yang tersalur melalui penampang pipa.

• Untuk mengetahui kaitan antara hukum bernoulli dalam prinsip kerja rancangan desain pesawat terbang, alat penyemprotan nyamuk, venturimenter, tabung air, dan peralatan lainnya yang memiliki tujuan demi kesejahteraan manusia.

Pembahasan

Persamaan hukum bernoulli atau teorema bernoulli adalah suatu persamaan yang dipakai untuk menjelaskan berbagai hal, kaitannya dengan kecepatan, tinggi permukaan zat mengalir, dan besaran dari tekanannya.

Mengacu dari hukum newton, teorema kerja dari zat cair yang memiliki persyaratan: aliran yang terjadi harus aliran steady (aliran mantap, tunak), tak berolak (garis alir streanline, laminier), alliran atau zat cair tidak kental dan tidak termampatkan.

Cara kerja hukum ini berkaitan dengan besaran fisis dalam fluida, yaitu suatu kecepatan aliran yang memiliki satu garis arus pada tinggi permukaan air yang mengalir dan tekanannya. Bentuk besaran dalam hal ini adalah besaran tenaga pada zat cair. Ada dua bentuk persamaan bernoulli, yaitu sebagai berikut.

• Untuk aliran tak termampatkan (Incompressible flow) adalah aliran fluida yang tidak berubah besaran kerapatan massanya (dentitas) di sepanjang alirannya. Contohnya: air, emulsi, berbagai jenis minyak, dan lainnya.

• Untuk aliran termampatkan (Compressible flow) adalah aliran fluida yang berubah besaran kerapatan massanya.

Kesimpulan

Penerapan Persamaan bernoulli, antara lain sebagai berikut:
• Karburator, yaitu mesin kendaraan yang fungsinya menghasilkan bahan bakar.
• Venturimeter, yaitu alat untuk mengukur kecepatan/kelajuan cairan.
• Tabung pitot, yaitu alat untuk mengukur kecepatan gas dalam pipa.
• Alat semprot parfum.
• Menara air, yaitu bak penampung air.
• Gaya angkat pada pesawat terbang.

Demikian contoh penerapan makalah persamaan bernoulli.

Selanjutnya : Memilih Makanan Tokek Rumah
Sebelumnya: Tugas Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja oleh HRD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar