Makalah Psikologi Belajar Anak


Apa yang dimaksud dengan makalah psikologi belajar anak? Makalah seperti ini adalah suatu karya tulis yang membahas segala sesuatu berkaitan dengan masalah psikologi pendidikan seorang anak. Lalu, bagaimana cara menyusun makalah seperti ini? Tidak terlalu susah, yang perlu diperhatikan hanyalah tiga bab utama dalam makalah.

Bab I Pendahuluan

Bab pendahuluan pada makalah psikologi pendidikan anak ini mengandung tiga poin penting, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan penulisan makalah. Contoh:

• Latar belakang

Pada dasarnya psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan mental manusia, maka psikologi belajar anak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari serta berusaha memahami perilaku dan mental seorang anak dalam menerima pendidikan atau proses belajar.

• Rumusan masalah

1. Apa saja macam-macam aliran psikologi pendidikan?

2. Apa yang mempengaruhi psikologi belajar anak?

• Tujuan penulisan makalah

1. Mengetahui macam-macam aliran psikologi pendidikan.

2. Mengetahui faktor yang mempengaruhi psikologi belajar anak.

Bab II Isi

Bab ini harus diisi dengan pembahasan mengenai psikologi belajar anak mengacu pada poin-poin penting dalam rumusan masalah di bab pendahuluan. Contoh:

1. Macam-Macam Aliran Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

• Psikologi behavioristik, menyebutkan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang dipengaruhi oleh hubungan timbal balik antara rangsangan dan respon.

• Psikologi kognitif, menyebutkan bahwa belajar adalah proses mencari dan mendapatkan informasi lewat pikiran atau mental.

• Psikologi humanistik, yaitu berkaitan dengan seorang manusia yang belajar dengan dipengaruhi oleh macam-macam keunikan diri, seperti adanya konsep diri, keinginan, cita-cita, dll.

Bab III Penutup

Bab ini adalah bab paling akhir dalam makalah psikologi pendidikan anak. Bab ini berisi tentang kesimpulan dari apa yang sudah dibahas di bab kedua tentang psikologi belajar. Harus ditulis secara singkat dan jelas, sehingga pembaca benar-benar memahami tentang psikologi pendidikan seorang anak.

Demikian contoh penyusunan makalah psikologi belajar anak berdasarkan tiga bab utama dalam makalah. Semoga uraian di atas cukup membantu Anda menyelesaikan makalah.

Selanjutnya : 5 Hal yang Membuat Kata Lucu Stand Up Comedy Menjadi Tidak Lucu
Sebelumnya: Makalah Pertanian Tradisional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar