Makalah Sejarah Penjajahan di Indonesia

Anda sedang bingung membuat makalah sejarah penjajahan di Indonesia? Berikut ini akan diulas secara garis besar hal-hal yang berkaitan sejarah penjajahan di Indonesia yang kini menjadi sedikit perdebatan. Untuk itu simak baik-baik artikel berikut ini.

Negara Penjajah Indonesia

Masih ingatkah Anda dengan negara-negara yang telah menjajah bangsa Indonesia? Dua negara tersebut adalah Belanda dan Jepang. Dalam buku-buku pelajaran sekolah dituliskan bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 3,5 abad sedangkan dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Telinga kita pun sudah familiar dengan rentangan waktu tersebut bahkan sampai hafal di luar kepala.

Fakta  Jumlah Tahun Indonesia Dijajah

Beberapa pro kontra bermunculan terhadap pandangan tersebut, pihak yang kontra mengatakan bahwa angka 3,5 abad dan 3,5 tahun sengaja dibuat oleh bapak proklamasi kita bung Karno supaya mudah diingat oleh rakyat Indonesia karena tampak rangkaian angka yang sama, hanya berbeda tahun.

Kenyataannya apabila ditilik secara mendalam cobalah ingat kembali bahwa apabila Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, maka penjajahan dimulai sejak tahun 1595. Padahal kenyataannya pada tahun tersebut Cornelis de Houtman baru menginjakkan kakinya di Banten untuk berdagang.

Fakta lain yang memperkuat bahwa di tahun 1595 penjajahan Belanda terhadap Indonesia belum dimulai adalah penamaan Indonesia yang baru dilakukan 255 tahun usai Cornelis de Houtman mendarat di Indonesia. Baru kemudian nama Indonesia didefinisikan oleh James Richardson Logan tahun 1850 yang kemudian dipopulerkan 30 tahun berikutnya oleh Adolf Bastian.

Apabila titik tolok ukur dimulainya penjajahan Belanda adalah sejak berdirinya VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) yaitu tahun 1610. Pernyataan itu juga tidak dapat dibenarkan karena dua alasan, yakni karena belum adanya bangsa Indonesia yang baru ada 1850, serta karena VOC hanyalah sebuah kongsi dagang yang tidak dapat dikatakan sebagai negara Belanda.

Sebutan sebagai wilayah koloni Belanda diperoleh oleh bangsa Indonesia setelah bangkrutnya VOC atau sejak tahun 1796. Ketika itu posisi Gubernur Jenderal Hindia Belanda diduduki oleh Pieter Gerardus van Overstraten. Bahkan, saat itu juga tidak dapat dikategorikan sebagai penjajahan karena penguasaan  koloni Hindia Belanda tidak sepenuhnya (hanya beberapa daerah saja).

Demikianlah hal-hal yang dapat dijadikan acuan ide untuk membuat makalah sejarah penjajahan di Indonesia. Semoga dapat menginspirasi dan membantu Anda untuk membuat makalah yang isinya baru dan menarik untuk dikupas.

Selanjutnya : Maksud dari Kasih Sayang
Sebelumnya: Waspadai Gangguan pada Sistem Saraf
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini