Makalah Setrika Listrik


Setrika listrik adalah alat elektronik yang sering digunakan oleh hampir semua rumah tangga. Lalu seperti apa sebenarnya cara kerja setrika listrik ini? Pada artikel kali ini saya akan membahas makalah setrika listrik terkait bagaimana cara kerja dan perpindahan kalornya.

Secara umum, cara kerja setrika listrik ini adalah mengubah energi listrik menjadi panas atau kalor yang nantinya dimanfaatkan oleh pengguna setrika listrik untuk melicinkan pakaian. Panas yang ditimbulkan oleh setrika ini cukup ampuh untuk melicinkan dan menghilangkan lipatan-lipatan pada pakaian yang membuat pakaian terlihat kusut. 

Secara umum, setrika listrik memiliki tujuh komponen utama, yakni pengatur on-off dan panas, kabel penghubung, pegangan, tutup, elemen pemanas, plat dasar, dan logam pemberat. Pengatur on-off dan panas ini berfungsi mirip saklar on-off, tetapi pada setrika listrik dilengkapi dengan pengaturan untuk menentukan tingkat panas setrika. Kabel penghubung pada setrika listrik ini berfungsi untuk menghubungkan setrika listrik dengan sumber listrik. Berikutnya adalah pegangan, yakni elemen yang terbuat dari kayu yang dapat mengisolasi panas dan berfungsi sebagai pegangan pengguna setrika.

Komponen berikutnya adalah tutup yang terbuat dari bahan isolator untuk mencegah sengatan listrik pada pengguna setrika. Berikutnya adalah elemen pemanas, yakni komponen yang bertugas untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi panas.

Komponen ini biasanya terbuat dari bahan yang menimbulkan panas jika dialiri oleh listrik dan komponen ini berbentuk resistor listrik yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip kerja pemanasan Joule. Komponen berikutnya adalah plat dasar yang biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang berfungsi untuk menyalurkan panas dari elemen panas ke pakaian yang disetrika. Plat dasar ini juga berfungsi untuk mencegah pakian yang disetrika kotor, menguning, atau lengket sehingga pakaian menjadi rusak. Komponen terakhir adalah logam pemberat yang biasanya terbuat dari besi. Logam pemberat ini digunakan untuk mempermudah penggunaan setrika.

Setrika listrik adalah salah satu alat yang memanfaatkan kalor yang ditimbulkan dari hasil konversi yang dilakukan oleh elemen pemanas. Pembahasan pada makalah setrika listrik ini hanyalah merupakan gambaran umum atau awam mengenai komponen dan cara kerja setrika listrik. Alat listrik lain yang memiliki konsep kerja yang mirip dengan setrika listrik antara lain adalah magic com dan catokan rambut.

Selanjutnya : Niat Shalat Jamak dan Qashar
Sebelumnya: Efek Samping Kelebihan Obat Kimia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar