Membuat Makalah Singkat Tentang Narkoba


Makalah singkat tentang narkoba biasanya dibuat untuk mempresentasikan segala bentuk pemikiran yang berkaitan dengan bahaya penggunaan narkoba. Beberapa makalah bahkan dibuat dengan sangat detil dan panjang. Tentang tema, tentu saja beragam, bisa menyangkut bahaya penggunaan narkoba itu sendiri, pengguna narkoba (user), peredaran dan perdagangan gelap narkoba, dampak sosial peredaran gelap narkoba dan sebagainya.

Membuat makalah singkat tentang narkoba, sebenarnya kita bisa masuk dengan mengambil salah satu tema di atas. Sekali pun fokus pada salah satu tema di atas, pembahasan tentang narkoba mau tidak mau akan melebar pada tema lain, karena tema-tema di atas pada dasarnya saling berkaitan. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak makalah singkat tentang narkoba berikut.

Judul

Judul sudah pasti harus memiliki unsur, setidaknya memberikan gambaran tentang isi. Judul tak harus bombastis atau sok menggunakan istilah akademis. Alasannya, makalah tentang narkoba seharusnya makalah yang bisa memberikan pencerahan. Menggunakan judul dengan kata-kata yang sulit, justru akan membuat seseorang yang membaca atau mendengarkan presentasi makalah tersebut menjadi berpikir dan bingung.

Di samping itu, karena makalah yang dibuat adalah makalah singkat, sebaiknya judulnya pun singkat. Karena dalam tata cara dan aturan membuat makalah, variabel dalam judul akan menjadi pembahasan utama. Artinya, semakin banyak variabel dalam judul, semakin banyak pula pembahasan. Dengan kata lain, makalah menjadi sangat panjang.

Contoh judul untuk makalah singkat adalah:

Informasi Dasar Pengguna Narkoba, Penyalahgunaan Narkoba, Peredaran Gelap Narkoba, Kecanduan/Adiksi Narkoba, dan sebagainya.

Isi Makalah

Isi makalah, seperti yang disinggung di atas, harus berkaitan dengan judul. Dalam isi pun lebih jika makalah disusun berdasarkan sub judul yang sistematis. Sebagai contoh,

Judul: Penyalahgunaan Narkoba

Agar makalah menjadi sistematis, maka awal paragraf dan sub judul sebaiknya menerangkan tentang maksud dari judul, contoh sederhananya adalah definisi dari variabel judul. Sebagai contoh sub judul pertama yang bisa diambil adalah Maksud dan Pengertian.
Maka pembahasan tentang penyalahgunaan narkoba akan diawali dengan pengertian penyalahgunaan dan pengertian tentang narkoba. Pembahasan tentang pengertian ini, akan membantu penulis untuk menuangkan alur pemikiran selanjutnya.

Disisi lain, pembahasan tentang pengertian judul akan membantu orang yang membaca atau mendengar presentasi untuk lebih mengerti tentang maksud makalah secara keseluruhan.

Setelah menerangkan maksud dari judul, sub judul berikutnya bisa mengambil beberapa poin penting yang sudah disinggung dalam sub judul pertama, misalnya saja Bahaya Narkoba Terhadap Tubuh, Macam-macam Narkoba dan seterusnya.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian terpenting dalam makalah. Kesimpulan bukan hanya berisi tentang garis besar makalah yang telah dibuat. Lebih dari itu, kesimpulan berisi tentang saran atau pesan moral yang ingin disampaikan penulis sebagai sebuah pencerahan.

Selanjutnya : Jus Buah untuk Penderita Hepatitis
Sebelumnya: Konsep Makalah Bahaya Napza
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar