Makalah Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian


Dalam pembuatan sebuah makalah teknologi pengolahan hasil pertanian yang baik diperlukan beberapa tahapan yang harus dibuat. Untuk memudahkan pembuatan makalah tersebut berikut akan dijelaskan sepintas tentang bagian-bagian dari sebuah makalah atau disebut juga kerangka. Kerangka ini berguna untuk mempermudah proses pembuatan sebuah makalah.

Secara umum sebuah makalah biasanya terdiri dari tiga bab yaitu Bab I sebagai pendahuluan, Bab II sebagai isi atau pembahasan dan Bab III sebagai penutup.

1. Bab I (Pendahuluan)

Bab ini  dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:

a. Latar Belakang

Latar belakang ialah pemaparan tentang alasan mengambilan tema. Karena tema di sini mengangkat tentang teknologi pengolahan hasil pertanian maka di bagian latar belakang ini bisa dijelaskan secara singkat apa itu teknologi pengolahan hasil pertanian serta bagaimana aplikasinya dalam masyarakat petani.

b. Rumusan Masalah

Rumusan masalah biasanya berupa hal-hal apa saja yang nantinya akan dibahas dalam makalah tersebut. Sesuai dengan namanya, di bagian ini masalah maupun kendala akan diangkat satu persatu.  Sub bab ini biasanya berbentu pertanyaan. Misalnya: “Apa yang dimaksud dengan teknologi pengolahan hasil pertanian”

c. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan biasanya merupakan jawaban dari sub bab sebelumnya. Jika di bentuk rumusan masalah adalah pertanyaan  maka tujuan penulisan berbentuk jawabannya. Misalnya: “ Mendeskripsikan arti dari teknologi pengolahan hasil pertanian.”

2. Bab II (Pembahasan)

Bab II adalah bab inti karena merupakan bab yang menguraikan secara panjang lebar tema makalah.  Satu persatu pertanyaan yang ada di bab sebelumnya dibahas dengan lengkap. Tak heran bila bab inti inilah bab yang terpanjang dalam sebuah makalah.

3. Bab III (Penutup)

Bab III ini merupakan bab penutup. Biasanya bab ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

a. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penggambaran secara umum hal-hal apa saja yang telah dibahas pada bab sebelumnya dalam bentuk singkat dan padat namun tidak meninggalkan esensi makalah tersebut.

b. Saran-saran

Saran-saran  berisi hal-hal yang menurut penulis perlu untuk dilakukan guna perbaikan ke depan.   Hal-hal ini diperoleh setelah melihat adanya ketidaksempurnaan, celah maupun kesalahan usai membuat sebuah makalah.  Saran-saran ini biasanya tidak hanya berguna untuk penulis namun juga berbagai pihak yang terkait dalam makalah yang dibuatnya.

Dalam hal ini adalah makalah teknologi pengolahan hasil pertanian.

Selanjutnya : Beberapa Prediksi yang Diramal oleh Peramal Dunia, Nostradamus
Sebelumnya: Membangun Desain Rumah dengan Bentuk Huruf L
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar