Makalah tentang Akhlak dalam Mendidik Anak


Tidak ada sekolah bagi orangtua yang ingin menjadi orang tua yang baik dan benar. Untuk itulah dibutuhkan motivasi dan usaha dari diri masing-masing untuk mencari tahu dan belajar dari berbagai sumber. Setiap orangtua memiliki keinginan yang sama, yaitu ingin anak-anaknya memiliki akhlak yang baik. Orangtua menjadi pihak pertama dan utama yang bertanggung jawab atas pendidikan akhlak anaknya. Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana caranya adalah dengan membaca makalah tentang akhlak dalam mendidik anak.

Pendidikan Akhlak untuk Anak

Pendidikan akhlak pada anak harus mulai diterapkan sedini mungkin. Jika sejak kecil anak sudah terbiasa dengan kebaikan, hal itu akan selalu tertanam dalam dirinya hingga dewasa. Akhlak yang baik merupakan dasar bagi perilaku yang baik pula. Seseorang dengan prestasi setinggi apapun tidak akan membawa manfaat jika tidak dibarengi akhlak yang baik. Bukankah kita sendiri lebih menyenangi orang yang biasa-biasa saja tapi baik hati dari pada orang pintar dan kaya raya tapi sombong dan congkak?

Akhlak seseorang tercermin dari perilaku sehari-harinya. Akhlak yang baik terlihat dari cara ia bertutur kata dan bersikap. Orangtua mana yang tidak merasa bangga jika anaknya berkata sopan, bersikap santun, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda? Penanaman akhlak yang baik bisa dimulai dengan membiasakan hal-hal baik dalam setiap aktivitas anak.

Misalnya, membaca basmalah setiap akan memulai suatu pekerjaan, mengucapkan hamdalah ketika selesai makan dan minum, mengucapkan terima kasih saat menerima pemberian dari orang lain, berkata jujur, dan memiliki kepedulain terhadap orang lain dan lingkungannya.Memupuk kepedulian pada anak bisa dilakukan dengan memunculkan simpati dan empati.

Ajaklah anak untuk menjenguk jika ada temannya yang sakit. Arahkan juga mereka untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Contohkan juga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya. Anak akan selalu meniru orangtua serta orang-orang di sekitarnya. Karenanya, jadilah contoh teladan bagi mereka dengan menjaga akhlak kita sendiri. Jangan pernah berhenti untuk belajar mengenai cara mendidik anak, karena tantangan mendidik anak berbeda-beda setiap zamannya. Itulah sedikit paparan makalah tentang akhlak dalam mendidik anak.

Selanjutnya : Penyebaran Suku di Indonesia
Sebelumnya: Kehebatan Suara Burung Hwa Mei Di Dunia Kontes
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar