Makalah Tentang Arti Penting Hidup dengan Aturan Beretika di Masyarakat


Makalah tentang arti hidup dengan aturan beretika disini akan kita bahas untuk belajar bagaimana cara bersikap dan bertindak dengan etis di masyarakat. Bagaimana cara kita mengambil sikap etis, keputusan etis dan dengan prinsisp moral dasar dari manusia itu untuk hidup di masyarakat. Dengan etika yang benar, segala perbuatannya dapat dijadikan tolak ukur menilai baik dan buruknya perbuatan di masyarakat. Etika yang baik dan benar sesuai aturan, akan membawa kita menjadi insan yang baik dimata masyarakat sekitarnya.

Etika Khusus

Etika ini berkaitan dengan prinsip moral dalam kehidupan secara khusus. Dengan memperhatikan prinsip moral bagaimana beretika di masyarakat. Semua etika tersebut kembali pada prinsip dasar moral secara teoristis, yang berkembang di masyarakat untuk kita gunakan dalam kehidupan. Penerapannya dapat melalui banyak jalan, melalui diri sendiri dan kepada orang sekitarnya. Etika disini dapat kita bagi berdasarkan sistematika etika.

Ada 2 macam etika khusus yang dapat kita terangkan sebagi berikut :

1.  Etika individual. Etika ini berhubungan antara sikap dan kewajiban seseorang terhadap diri sendiri. Contoh : tidak meludah sembarangan.

2.  Etika sosial. Etika ini berhubungan dengan sikap, tingkah laku, dan kewajiban seseorang sebagai anggota dalam suatu masyarakat tertentu.

Contoh : selalu menyapa dengan teman ketika berjumpa.

Disini akan dikaji bagaimana kita bertindak di masyarakat dengan etika yang dibenarkan. Penerapan prisnsip moral yang benar dalam kehidupan perlu kiranya selalu diselaraskan dengan jalan hidup kita. Sehingga hal tersebut dapat menjadi pegangan, untuk menentukan baik dan buruknya dalam melakukan tindakan. Dari sini kita dapat menilai diri sendiri dan orang lain, ketika akan melakukan berbagai bentuk kewajiban di masyarakat.

Etika disini akan memberikan kita pelajaran bagaimana menetukan kondisi dasar dalam kehidupan, untuk bertindak secara etis. Seseorang dapat menjadikan hal tersebut sebagai pijakan ketika akan melangkah di masyarakat. Semoga makalah tentang arti penting hidup dengan aturan beretika ini, dapat dijadikan rujukan bagaimana bertindak etis di masyarakat. Apakah itu untuk diri sendiri maupun kepada orang lain.

Selanjutnya : Persiapan Memulai Bisnis Minyak Wangi Isi Ulang
Sebelumnya: Perkembangan Musik Pop Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar