Makalah tentang Gangguan pada Sistem Eksresi


Setiap mahkluk hidup di bumi mengalami proses eksresi. Eksresi merupakan suatu proses pengeluaran zat sisa metabolisme di dalam tubuh. Hasil dari metabolisme yang kotor tersebut kemudian dikeluarkan melalui keringat dan urine. Ketika tubuh tidak bisa melakukan eksresi akan mengakibatkan beberapa penyakit organ yang sangat berbahaya. Salah satu penyebabnya karena faktor makanan tidak sehat dan efek samping dari obat-obatan. Artikel ini akan mengulas makalah tentang gangguan pada sistem ekskresi pada manusia.

Gangguan sistem eksresi pada manusia ada beberapa, yaitu:

1.  Albuminuria

Albuminuria merupakan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme. Akibat dari gangguan metabolisme, kandungan protein ini yang seharusnya masih mengalami beberapa tahap pemprosesan, terbuang keluar dari tubuh melalui saluran kencing. Dampaknya akan memicu terjadinya gangguan ginjal, hati, dan kekurangan protein pada tubuh. Albuminuria ini dapat dideteksi dengan cara melihat warna air seni yang keluar.

2.  Hematuria

Proses metabolisme tidak seimbang yang terjadi di dalam tubuh menyebabkan gangguan seperti peradangan ginjal, kandung kemih maupun batu ginjal. Gangguan ini jika tidak segera ditangani akan menyebabkan hematuria, air seni bercampur dengan darah.

3.  Nefrolitiasis

Bahasa lain dari nefrolitiasis adalah batu ginjal. Batu ginjal ini terjadi karena beberapa unsur pada urine. Sehingga urine tersebut mengalami kemacetan yang mengakibatkan air seni yang harus keluar itu mengeras. Batu ginjal dapat disembuhkan dengan gelombang suara yang tinggi, sehingga untuk saat ini penderita nefrolitiasis tidak takut lagi karena dapat diobati tanpa cara operasi.

4.  Gagal ginjal

Gagal ginjal salah satu gangguan eksresi yang paling menakutkan. Terjadinya gangguan pada ginjal ini disebabkan karena ginjal tidak lagi mampu berperan sebagaimana mestinya. Zat-zat yang harus diproses oleh ginjal tertahan terlalu lama dan menyebabkan orang tersebut mengalami keracunan. Sehingga membuat penderita harus melakukan cuci darah atau cagkok ginjal.

5.  Sirosis hati

Gangguan eksresi yang ditandai dengan munculnya kerusakan sel di hati serta timbulnya jaringan perut di hati. Ketika hati mengalami gangguan, salah satu cara adalah dengan cara menstransplantasi hati. Penderita sirosis hati ini terjadi pada mereka adalah peminum berat, efek obat-obatan, dan adanya infeksi.

Inilah beberapa poin yang bisa dijadikan makalah tentang gangguan pada sistem sekreasi untuk dikembangkan lebih lagi. Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi untuk dikembangkan lagi.

Selanjutnya : Perda Jakarta Barat tentang Rokok
Sebelumnya: Peranan Parpol Islam di dalam Perpolitikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar