Makalah tentang Jenis-Jenis Tanah di Indonesia


Dalam berbagai publikasi yang menyangkut tanah terutama makalah tentang jenis-jenis tanah di Indonesia sering disebutkan bahwa tanah merupakan unsur utama pembentuk dan akhir dari berbagai kehidupan.

Tanah didefiniskan sebagai tubuh alami yang terdiri atas benda-benda padat (materi organik dan mineral), cair, dan gas yang terjadi di permukaan tanah, menempati ruang, dan dicirikan oleh satu atau beberapa ciri: horizon, atau lapisan, yang dapat dibedakan dari material bawaan sebagai hasil dari penambahan, penghilangan, transfer, dan pengubahan energi dan materi atau kemampuan untuk mendukung akar tanaman dalam lingkungan alami.

Keberadaan tanah di suatu kawasan dipengaruhi oleh batuan induk penyusunnya. Seperti di Indonesia, terdapat berbagai jenis tanah yang tersebar di berbagai wilayah. Berikut ini beberapa jenis tanah yang terdapat di Indonesia.

•    Tanah Aluvial

Tanah ini terbentuk dari endapan-endapan material sungai sehingga jenis tanah ini cocok untuk digunakan sebagai media tanam di lahan pertanian.  Tanah jenis mudah menyerap air dan mudah digarap.

•    Tanah Andosol

Tanah andosol terbentuk dari bahan-bahan abu letusan vulkanik yang terkenal sangat subur karena telah mengalami pelapukan. Tanah jenis ini memiliki kandungan organik yang tinggi yang ditandai dengan warna cokelat keabuan sampai hitam.

•    Tanah Entisol

Tanah entisol terbentuk dari abu vukanik hasil erupsi gunung api berupa lavili, bom dan lapili. Tanah ini mengandung unsur hara tanaman yang tinggi. Tanah ini merupakan tanah muda atau belum mengalami perkembangan horizon baru.

•    Tanah Grumosol

Tanah ini terbentuk dari batuan induk kapur dan tufa vulkanik, karena itu kandungan organiknya rendah. Tanah ini memiliki tekstur liat dengan warna kelabu hingga hitam, memiiki pH netral hingga alkalis.

•    Tanah Humus

Tanah ini terbentuk dari pelapukan bahan organik. Tanah ini sangat cocok untuk lahan pertanian karena mengandung unsur-unsur mineral yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang tanaman.

•    Tanah Laterit

Tanah ini mengandung banyak kandungan aluminium dan zat besi. Oleh karena itu, tanah laterit sudah berumur tua. Di masyarakat umum, tanah ini disebut dengan tanah merah.

•    Tanah Latosol

Tanah ini terbentuk dari batuan beku, sedimen, dan metamorf yang telah mengalami perkembangan, bertekstur kasar, warna coklat hingga merah dan tersebar di iklim basah.

•    Tanah Litosol

Tanah ini merupakan jenis tanah mineral dengan sedikit perkembangan profil. Tanah ini belum mengalami perkembangan yang lama sehingga perlu campur tangan manusia untuk mempercepat perkembangan tanah ini.

Sebenarnya, jenies-jenis tanah ini sangat banyak sekali jenisnya bergantung dari sistem klasifikasi dari berbagai lembaga. Di dalam makalah tentang jenis-jenis tanah di Indonesia sering disebutkan pembagian jenis tanah yang berasal dari Pusat Penelitian dan Agroklimat.

Selanjutnya : Oli Mesin Toyota Limo
Sebelumnya: Mengenal Berbagai Aplikasi Bawaan Nokia C3
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar