Makalah Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Ajaran Agama Islam


Di dalam hadits di atas dijelaskan secara gamblang bahwa ilmu memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, baik dunia maupun akhirat. Ketika manusia dilahirkan ke dunia, Allah SWT telah membekalinya dengan akal pikiran yang berguna bagi kehidupannya. Makalah tentang keutamaan menuntut ilmu telah menjabarkan latar belakang dan fungsi dari kewajiban menuntut ilmu.

Konsep Ilmu Menurut Islam

Menuntut ilmu bagi kaum muslimin wajib hukumnya. Ilmu yang dipelajari tidak hanya terbatas pada ilmu agama saja, tetapi berbagai ilmu yang dapat memberikan kontribusi positif pada kita untuk lebih mensyukuri dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Seseorang yang memiliki banyak ilmu adalah orang paling kaya di dunia. Harta yang menggunung lambat laun akan hilang apabila penggunaannya tidak disertai dengan ilmu. Pun begitu, seseorang yang memiliki ilmu yang banyak tetapi tidak mau berbagai dengan orang lain, maka orang tersebut sebenarnya adalah orang miskin.

Dengan ilmu, seseorang dapat mencapai semua keinginan baik urusan duniawi maupun ukhrowi. Agama Islam pun sangat menganjurkan kaum muslimin untuk menuntut ilmu dari mana pun dan kapan pun waktunya. Ilmu agama yang bersifat fardhu ain dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan kemasyarakatan yang bersifat fardhu kifayah.

Ketika seorang muslim menuntut ilmu, maka dengan sendirinya dia mendapatkan imbalan berupa pahala atas apa yang dilakukannya. Menuntut ilmu juga tidak mengenal batasan usia, batasan tahta, bahkan batasan status. Semuanya sama di hadapan Allah SWT.

Adab Menuntut Ilmu

Dalam menuntut ilmu terdapat berbagai adab. Tujuannya agar ilmu yang kita pelajari dapat memberikan manfaat yang baik setelah kita selesai mempelajarinya.

1. Niatkan karena Allah ta’ala.

2. Niatkan untuk menghilangkan kebodohan dalam diri sendiri maupun orang lain.

3. Niatkan untuk membela syari’at.

4. Terbuka dan menerima perbedaan pendapat.

5. Amalkan ilmu yang sudah didapatkan walaupun baru sedikit.

6. Hormati para guru yang memberikan ilmu.

7. Cari kebenaran atas ilmu yang sudah kita peroleh.

8. Pegang teguh Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Bahasan mengenai makalah tentang keutamaan menuntut ilmu dalam agama Islam sangat luas. Tetapi, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa menuntut ilmu ini bersifat wajib dan sama wajibnya untuk mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan.

Selanjutnya : Kata-kata yang Menghibur Hati bagi Orang Patah Hati
Sebelumnya: Makalah Tentang Kerukunan Antar-Umat Beragama di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar